Sukses

Jokowi: BOR Nasional Turun di Angka 29 Persen, Wisma Atlet 12 Persen

Jokowi bersyukur kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai. Dia khawatir Wisma Atlet mengalami kolaps apabila kasus virus Corona di Indonesia terus melonjak naik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 secara nasional berada di angka 29 persen.

Jokowi ingat bahwa BOR nasional pada Juli 2021 pernah mencapai 80 persen. Hal ini akibat kasus Covid-19 yang naik signifikan karena adanya virus Corona varian delta. Bahkan, kata Jokowi, BOR pasien Covid-19 di beberapa Rumah Sakit (RS) sudah ada yang menembus 100 persen pada Juli lalu.

"(BOR) melompat karena varian delta di tengah Juli, 18 Juli hampir 80 persen, dan beberapa RS sudah mencapai 100 persen dan Alhamdulillah BOR kita pada hari ini, BOR nasional sudah turun 29 persen. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi dalam Pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Selain itu, dia mengatakan BOR di Wisma Atlet Jakarta juga sudah berada di angka 12 persen. Padahal, BOR di Wisma Atlet mencapai 91 persen pada Juni 2021 karena adanya lonjakan kasus Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersyukur Kasus Melandai

Jokowi bersyukur kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai. Dia khawatir Wisma Atlet mengalami kolaps apabila kasus virus Corona di Indonesia terus melonjak naik.

"Alhamdulillah, tadi pagi saya cek sudah berada di 12 persen BOR-nya. Angka-angka seperti ini tetap kita harus bersyukur," ucap dia.

Jokowi mengakui, situasi krisis akibat pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengambil langkah extraordinary atau luar biasa. Namun, dia memastikan bahwa pemerintah sangat hati-hati dalam mengambil sebuah kebijakan.

"Karena barang ini sulit diduga, sulit diprediksi, dan penuh ketidakpastian, yang namanya Covid-19, apalagi yang namanya varian delta," tutur Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.