Sukses

Kembali Gelar Program #PeduliBersama, SCG Donasikan Oksigen dan Paper Bed

Penyerahan donasi tersebut telah dilaksanakan Kamis, 5 Agustus 2021 bertempat di Gedung Balai Kota, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN, melanjutkan program #PeduliBersama melalui penyerahan donasi senilai lebih dari Rp 600 juta untuk mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam melawan Covid-19. Donasi berupa 70 tabung oksigen berukuran masing-masing 6m3 dan 5 alat bantu pernapasan High Flow Nasal Cannula (HFNC) sesuai dengan informasi publik yang disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Penyerahan donasi tersebut telah dilaksanakan Kamis, 5 Agustus 2021 bertempat di Gedung Balai Kota, Jakarta.

Berdasarkan data yang dilansir dari situs resmi https://corona.jakarta.go.id/id per 8 Agustus 2021, total kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 831.499 kasus, terdiri dari total kasus aktif yang dirawat sebanyak 3.075 kasus (0.4%), dengan 97.2% tingkat kesembuhan atau sejumlah 808.087 kasus. Namun, masih terdapat 7.567 kasus (0.9%) isolasi mandiri yang tercatat di Ibu Kota. Menanggapi hal ini,

"Dalam beberapa bulan belakangan, kasus Covid-19 di dunia mengalami peningkatan akibat cepatnya penyebaran virus varian Delta, termasuk di Indonesia. Sesuai dengan komitmen SCG dan sebagai warga negara yang baik dan bagian dari pembangunan Indonesia, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan selalu hadir di tengah masyarakat melalui peran serta kami, dalam hal ini, situasi pandemi, dengan mendukung percepatan penyembuhan pasien Covid-19, terutama di area SCG beroperasi," ujar Country Director SCG di Indonesia, Wiroat Rattanachaisit.

Penyerahan donasi SCG untuk Indonesia kepada Pemprov DKI Jakarta juga disambut hangat oleh Suharti, Ph.D., Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman sebagai perwakilan Pemprov DKI Jakarta.

"Saat ini, jumlah kasus di DKI Jakarta masih di angka 2.000 kasus per hari, namun angka kesembuhan sudah lebih tinggi dan dengan penerapan tracing dan testing di DKI Jakarta yang sudah lebih baik, situasi di DKI Jakarta sudah lebih terkendali. Pasien yang dirawat di RS juga sudah semakin berkurang meski pasien ICU masih cukup tinggi," jelas Suharti.

"Tentunya kami terus berusaha meningkatkan kualitas perawatan bagi para pasien di rumah sakit agar angka pasien rumah sakit juga semakin menurun. Kita harap dengan bantuan yang disalurkan ke rumah sakit, termasuk dari SCG, akan menambah kemampuan kami dalam memberikan pelayanan di fasilitas-fasilitas di DKI Jakarta," imbuh dia.

Program SCG #PeduliBersama juga turut digaungkan di Jawa Timur baru-baru ini dengan berkontribusi menyerahkan 500 SCG Paper Bed beserta aksesoris pendukungnya, dengan total senilai lebih dari Rp 400 juta kepada Pemerintah Kabupaten Gresik yang diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, Senin (9/8/2021) bertempat di Stadion Gelora Joko Samudro yang tengah disulap menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

"Lonjakan kasus baru dan jumlah pasien yang meninggal karena Covid-19 di Jawa Timur setiap harinya masih mengalami kenaikan yang tinggi. Data selengkapnya dapat dilihat langsung melalui situs resmi https://infocovid19.jatimprov.go.id/. Oleh karena itu, bantuan dari berbagai pihak sangat berarti untuk kami dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di area setempat serta memastikan proses penanganan pasien COVID-19 dapat berjalan lancar dan cepat," ungkap Fandi Akhmad Yani.

"Kami sangat mengapresiasi itikad baik SCG dengan menyerahkan 500-unit SCG Paper Bed yang telah diterima oleh pihak kami, yang ditujukan untuk memfasilitasi para pasien dengan gejala rendah-sedang yang dirujuk ke Rumah Sakit Darurat di Stadion Gelora Joko Samudro. Kami harap kasus aktif Covid-19 ini dapat terus menurun dan tentunya kita selalu patuh dengan protokol kesehatan," sambung dia.

SCG Paper Bed merupakan solusi terbaru untuk mengatasi kelangkaan tempat tidur di rumah sakit. Setiap tempat tidur terbuat sepenuhnya dari kertas daur ulang dengan desain ergonomis yang dirancang khusus untuk struktur tubuh orang Asia. Selain itu, SCG Paper Bed juga memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah diangkut dan disimpan.

Setiap tempat tidur ini dapat dipasang dalam 8 menit tanpa menggunakan lem, serta dapat digunakan selama 1 tahun, dengan pemakaian sewajarnya dan jauh dari air. SCG Paper Bed juga dapat menopang hingga 200 kg secara horizontal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Sejak Desember 2020

Sejak awal pandemi di Indonesia, SCG telah menyerahkan donasi berupa 40-unit Bilik Swab Bertekanan Positif senilai Rp 1 miliar melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, dilanjutkan dengan penyerahan donasi 11-unit Bilik Swab Bertekanan Positif yang diterima secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada bulan Juni 2020.

Bilik Swab Bertekanan Positif ini merupakan salah satu dari banyak solusi inovatif SCG, yang menggunakan pressure generator sehingga memungkinkan udara di dalam bilik tetap bersih dan steril ketika tenaga medis memeriksa atau mengambil sampel pasien, juga melindungi para tenaga medis dari potensi terinfeksi virus COVID-19.

Program SCG #PeduliBersama yang dilakukan pada Desember 2020 lalu juga menunjukkan upaya perusahaan dalam memenuhi kebutuhan utama dari para tenaga medis dalam menangani COVID-19 yakni Alat Pelindung Diri dan Masker tipe N-95.

"Situasi pandemi kali ini terasa berbeda dan kita semua merasakan dampak yang luar biasa. Saat ini merupakan masa-masa sulit dan SCG memahami hal tersebut. Kami harap semua pihak dapat bekerja sama dalam melawan Covid-19. SCG juga selalu menempatkan karyawan kami sebagai prioritas utama," ujar Wiroat.

"Aksi #PeduliBersama juga diperuntukkan kepada seluruh karyawan SCG beserta keluarga yang terinfeksi Covid-19 di semua area SCG beroperasi. Kami juga berencana untuk melanjutkan aksi #PeduliBersama kepada keluarga besar SCG di Jawa Barat dalam waktu dekat," tutup dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.