Sukses

Survei LSI: Mayoritas Publik Setuju Pemerintah Sedang Lakukan Terbaik Seimbangkan Ekonomi-Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait persepsi publik atas pengelolaan dan potensi korupsi sektor Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia. Menurut survei, mayoritas responden masih percaya dengan pemerintah dalam menjaga dan mengelola SDA Indonesia dengan baik.

"Sebanyak 7 persen responden sangat setuju dan 69 persen menyatakan setuju, pemerintah sedang melakukan yang terbaik untuk menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi dan masalah lingkungan," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil surveinya melalui daring, Minggu (8/8/2021).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa 68 persen responden setuju dengan pernyataan pemerintah dapat dipercaya untuk menjaga lingkungan Indonesia.

"Responden juga memberikan sentimen positif, dengan 8 persen menyatakan sangat setuju dan 63 persen menyatakan setuju bahwa pemerintah memberi perhatian lebih kepada pertumbuhan ekonomi dan lingkungan. Hanya 18 persen yang menyatakan tidak setuju dan 2 persen yang menyatakan sangat tidak setuju," terang Djayadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Responden

Survei LSI ini memiliki total 1.200 responden secara nasional. Responden dipilih acak dalam rentang waktu Maret 2018 sampai Juni 2021.

Asumsi metode digunakan adalah simple random sampling memiliki margin of error sebesar 2,88% pada tingkat kepercayaan 95 persen.