Sukses

Ahli Nilai RI Tak Bisa Entaskan Pandemi Covid-19 dalam 15 Bulan dengan Vaksin

Ahli Epidemiologi menyatakan ambisi pemerintah Indonesia untuk mengentaskan pandemi Covid-19 dalam 15 bulan dengan menggunakan vaksin dinilai mustahil dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli Epidemiologi dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menyatakan, ambisi pemerintah Indonesia untuk mengentaskan pandemi Covid-19 dalam 15 bulan dengan menggunakan vaksin dinilai mustahil dilakukan.

Pasalnya, Indonesia bukanlah negara produsen vaksin Covid-19. Di mana, ketersediaan vaksin Covid-19 di Tanah Air amat bergantung dengan pasokan dari negara lain.

"Negara kita bukanlah negara produsen vaksin, bukan principle vaksin. Jadi ambisi untuk mengendalikan Covid dalam 15 bulan menggunakan vaksinasi itu sebenarnya impossible," ujar Hermawan dalam sebuah diskusi daring, Minggu (20/6/2021).

Sejak awal, kata dia, pihaknya menekankan bahwa akan sulit sekali tercapai jika pemerintah ingin mengendalikan pandemi melalui vaksinasi selama 15 bulan, terhitung sejak 13 Januari 2021 hingga 15 bulan ke depan.

"Bukti sudah terpampang di depan kita betapa vaksinasi rate kita di bulan Juni ini ditargetkan kira-kira 1 juta vaccination rate per hari, tapi jauh sekali sekarang kita masih 100 ribu sampai 200 ribu," ucap Hermawan.

Hermawan menegaskan, vaksinasi bukanlah solusi menumpas pandemi Covid-19 dalam jangka pendek. Ia berharap, vaksinasi dapat menjadi inisiatif kesehatan bagi masyarakat, bukan dijadikan alat utama untuk mengentaskan pandemi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Bom Waktu

Hermawan menekankan, jika pemerintah Indonesia masih menggunakan cara yang sama dalam menanggulangi pandemi Covid-19, maka bukan tidak mungkin negara ini tak bisa mengentaskan diri dari pendemi Covid-19.

"Kalau negara kita begini-begini saja, kita tidak akan pernah keluar dari pandemi Covid. Rem, gas, rem dan gas itu adalah kebijakan yang terkatung-katung yang hanya membuat kita menunda bom waktu saja. Karena tidak mampu memutus (penyebaran) mata rantai Covid," pungkas Hermawan.

3 dari 3 halaman

3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.