Sukses

Gus Ami Dukung Kaum Muda Jadi Konten Kreator di Era Digital

Salah satunya dalam konte yang dibuat TKI di Arab Saudi saat berbincang dengan Gus Muhaimin soal pengalamannya di negeri minyak.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi ternyata melahirkan banyak konten kreator. Selain Youtuber, para pengguna sosial media pun kini makin ramai di jagat maya. 

Konten kreatornya pun juga berasal dari berbagai segmen mulai dari dunia wisata, kuliner, smartphone, perangkat teknologi, otomotif, hingga informasi pemberitaan. Bahkan tak sedikit yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi dari hasil unggahan mereka di channel sosial medianya, seperti di channel YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Berdasarkan data HootSuite, pengguna internet pada awal 2021 ini sudah tembus 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat sekitar 15% atau 27 juta jika dibandingkan tahun lalu. Artinya, jumlah penetrasi internet di Tanah Air mencapai 73,7% dari 274,9 juta jiwa.

Salah satu youtuber yang tergolong cukup sukses adalah Alman Mulyana. Pria asal Jawa Barat ini sering mengunggah kehidupan para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, termasuk tempat wisata yang ada di Arab Saudi.

Belum lama ini, karena sedang pulang kampung, Mulyana menyempatkan bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Dalam kesempatan itu, Mulyana yang juga TKI di Arab Saudi berbincang banyak dengan Gus Muhaimin soal pengalamannya di negeri minyak tersebut. Mendengar pengalaman Mulyana, Gus Muhaimin menyampaikan apresiasinya. Sebab selain menjadi TKI, dia juga sukses sebegai konten kreator.

"Saya bangga dengan Kang Alman Mulyana ini. Selain sukses menjadi TKI, ia juga sukses menjadi konten kreator. Bahkan subscriber-nya hampir dua juta. Ini patut dicontoh oleh para pekerja migran lainnya," kata Gus Muhaimin, Jumat (18/6).

Gus Muhaimin sangat mendukung anak muda zaman sekarang agar bisa mengembangkan ide-ide kreativitasnya. Salah satunya menjadi konten kreator.

"Era digital ini harus menjadi kesempatan emas bagi anak muda. Terlebih, era pandemi ini, industri digital menjadi peluang dalam melahirkan kreator-kreator digital. Saya juga mendukung penuh anak muda untuk memaksimalkan potensinya, salah satunya menjadi youtuber," sambungnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, pandemi Covid-19 ini berdampak kepada berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi yang terpuruk. Namun di sisi lain, pengguna internet ini meningkat tajam. Hal ini karena masyarakat banyak beraktivitas di dalam rumah akibat pembatasan sosial.

"Bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda ini harus menjadi peluang untuk terus berkarya dan membuat konten dengan memanfaatkan media dan teknologi yang ada seperti YouTube, Facebook, Instagram dan media sosial lainnya," katanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.