Sukses

Anies: 3 Juta Orang di Jakarta Telah Divaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Jokowi memberikan target kepada Anies agar 7,5 juta penduduk Jakarta sudah divaksinasi Covid-19 pada Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa sebanyak 3.041.573 warga Ibu Kota telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Kata dia, jumlah tersebut berdasarkan data hingga Rabu (16/6/2021).

"DKI: 3 JUTA ORANG TELAH DIVAKSIN! Alhamdulillah, kita lewati capaian ini kemarin. Dari target 30 Juni, tercapai 16 Juni, dua pekan lebih cepat," kata Anies dalam unggahan instagram @aniesbaswedan, Kamis (17/6/2021).

Berdasarkan unggahan tersebut, sebanyak 1,8 juta orang telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau 62,4 persen dari 3 juta orang yang telah menerima dosis pertama.

Sementara itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengajak masyarakat untuk vaksinasi dengan pendaftaran secara daring atau online. Yakni melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) ataupun melalui website corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

"Bagi yang mau vaksin, tapi bingung cara daftarnya, sebetulnya gampang tinggal daftar, pilih jadwal vaksinasi, lewat aplikasi Jaki atau datang ke web namanya corona titik jakarta titik go titik id garis miring vaksinasi (corona.jakarta.go.id/vaksinasi)," ucapnya.

Lanjut dia, dengan cara online masyarakat dapat melakukan pendaftaran di mana saja sekaligus untuk menghindari antrean panjang di lokasi.

Selain itu, Anies juga menyebut bahwa setiap fasilitas kesehatan atau faskes pelayanan vaksinasi memiliki kuota harian yang terbatas.

"Jadi, daftar segera dan setelah daftar nanti mendapatkan info kapan bisa datang ke faskes untuk mendapatkan vaksinasi dan dapat memilih faskesnya yang terdekat," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Beri Target Anies Vaksinasi di Jakarta

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar 7,5 juta penduduk di wilayahnya harus sudah divaksin pada Agustus 2021. Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Rusun Tanah Tinggi Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021).

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin.

Dia mengakui, target tersebut bukanlah hal mudah dan tergolong sangat ambisius. Namun, Jokowi menekankan hal ini terpaksa dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini memang target yang sangat ambisius. Tetapi, mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal (atau) herd immunity," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Infografis Boleh dan Tidak Boleh Sebelum - Setelah Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.