Sukses

Jokowi Lantik Rusdi Mastura - Ma'mun Amir Jadi Gubernur dan Wagub Sulteng di Istana

Upacara pelantikan diisi oleh prosesi kirab ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) masa jabatan 2021-2024, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Adapun pasangan kepala daerah itu dilantik Jokowi setelah terpilih dalam Pilkada 2020.

Berdasarkan pantauan, Jokowi terlebih dahulu menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di Istana Merdeka. Setelah itu, mereka melakukan prosesi kirab ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 81P tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Guberur Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Jokowi meminta Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir mengikutinya mengucapkan sumpah jabatan Gubernur-Wakil Gubernur.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata para kepala daerah bersamaan mengikuti ucapan Jokowi.

Berhubung di tengah situasi pandemi, acara pelantikan pun mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Baik Jokowi, Maruf Amin, kepala daerah yang dilantik, dan tamu undangan terlihat memakai masker dan menjaga jarak.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan Diusung Banyak Partai

Seperti diketahui, Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah masa pandemi Covid-19. Pilkada 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Seperti diketahui, pasangan Rusdi-Ma’mun diusung Partai NasDem, PKS, PKB, Hanura, Partai Golkar, PAN, Garuda, Perindo, Demokrat dan PPP. Saat Pilkada mereka bersaing dengan Mohammad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala.

Pada 10 Desember 2020, Rusdi dan Mamun dinyatakan unggul suara dibanding pesaingnya Hidayat-Bartholomeus dalam hitung cepat survei Poltracking. Pada perolehan suara sementara saat itu Rusdi mendapatkan suara 59,98 persen. Sementara pesaingnya memperoleh 40,02 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.