Sukses

Kota Bekasi Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal, Ini Jadwal dan Tata Caranya

Liputan6.com, Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengeluarkan tata cara pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal bagi masyarakat Kota Bekasi. Hal ini melihat antusiasme masyarakat terhadap seluruh kegiatan vaksinasi yang digelar Pemkot Bekasi.

Dalam vaksinasi covid-19, Pemkot Bekasi bakal menggandeng tenaga kesehatan dari IDI Kota Bekasi, 41 rumah sakit swasta dan rumah sakit daerah serta Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan Kota Bekasi.

"Saya mengintruksikan jajaran aparatur untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga dan mempersiapkan untuk penyelenggaraan vaksinasi massal pada tahap selanjutnya," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen, Selasa (15/6/2021).

Adapun tata cara vaksinasi Covid-19 yang diatur Pemkot Bekasi untuk kelancaran dan ketertiban, terdiri dari beberapa poin. Yang pertama bagi masyarakat yang ingin divaksin, harus mendaftarkan diri lebih dulu ke Puskesmas sesuai domisili.

Warga yang mendaftarkan diri, nantinya akan dibantu oleh petugas untuk melakukan proses pendataan serta screening, dengan menggunakan identitas diri seperti KK dan KTP.

"Sehari sebelum hari pelaksanaan vaksinasi covid-19, warga melakukan screening kesehatan dan melakukan rapid antigen di Puskesmas wilayah masing-masing," ujar Pepen.

 

2 dari 3 halaman

Tanggal Pelaksanaan Tiap Wilayah

Selanjutnya warga akan mendapatkan informasi lanjutan mengenai jadwal vaksinasi di Stadion Patriot Candrabhaga, dan keterangan lengkap dari petugas Puskesmas.

"Saat mendatangi lokasi vaksinasi, warga harus menunjukkan bukti screening dari Puskesmas dan KTP. Setelah itu warga dapat melakukan tahapan vaksinasi," jelasnya.

Berikut jadwal vaksinasi sesuai zona wilayah yang ada di Kota Bekasi:

1. Tanggal 19 Juni 2021 wilayah 1, meliputi Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Medan Satria dan Bekasi Utara

2. Tanggal 23 Juni 2021 wilayah 2, meliputi Kecamatan Bekasi Timur, Mustikajaya, Bantargebang dan Rawalumbu

3. Tanggal 26 Juni 2021 wilayah 3, meliputi Kecamatan Jatiasih, Pondokgede, Pondok Melati dan Jatisampurna

Untuk informasi lebih lanjut, warga dapat menghubungi call center 1500444 serta layanan informasi media sosial Humas Kota Bekasi.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal perdana di Stadion Patriot Chandrabaga, Senin 14 Juni 2021. Vaksinasi diikuti sekitar 4.500 orang yang terdiri dari kaum lansia, pekerja publik, difabel dan masyarakat umum.

Kegiatan ini mendapat apresiasi Presiden Jokowi yang meninjau langsung ke lokasi bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Jokowi menilai Kota Bekasi patut menjadi contoh penyelenggaraan vaksinasi bagi daerah-daerah lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: