Sukses

Jokowi Minta DKI Jakarta Percepat Vaksinasi Covid-19 di Daerah Padat Penduduk

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah padat penduduk. Pasalnya, daerah padat penduduk berpotensi membuat Covid-19 menyebar dengan cepat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) se-DKI di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/6/2021). Dalam pertemuan itu, Jokowi turut membahas lonjakan kasus Covid-19 di DKI.

"Nah, di sini Presiden meminta kepada masyarakat Jakarta ya seperti daerah-daerah yang padat itu harus cepat divaksin," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi kepada wartawan usai pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

"Itu kayak seperti di pelabuhan, daerah padat itu harus divaksinasi," sambungnya.

Menurut dia, Jokowi juga meminta agar tingkat pemakaian masker di Jakarta lebih ditingkatkan lagi untuk mencegah penularan virus corona. Terlebih, saat ini varian virus corona dari India yang cepat menyebar sudah masuk ke Jakarta.

"Pak Presiden mengimbau sekarang masalahnya bukan ada di perkantoran atau di apa, karena masyarakat Jakarta secara persentase pemakaian masker itu, obatnya cuma masker. Antara masker, pakai masker semua sudah 78 persen dan targetnya harus 95 persen," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Sosialisasi Masif soal Prokes

Prasetyo mengatakan pemerintah provinsi DKI akan lebih masif mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Khususnya, pemakaian masker di daerah-daerah yang padat penduduk.

"Di luar di perkampungan daerah padat penduduk pelabuhan itu tuh banyak sekali orang yang belum percaya adanya covid mungkin ya. Nah kita sebagai Pemda mensosialisasi itu," tutur Prasetyo.

Sebelumnya, Jokowi sendiri telah meminta Anies Baswedan agar 7,5 juta penduduk di DKI Jakarta harus sudah divaksinasi covid-19 pada Agustus 2021. Kendati ini merupakan target yang sangat ambisius, dia mengatakan hal ini diperlukan akan segera terbentuk herd immunity di DKI Jakarta.

"Kita harapkan DKI Jakarta mulai minggu depan satu hari target yang kita berikan 100.000 bisa dicapai.100.000 per hari," tutur Jokowi usai meninjau vaksinasi massal bagi 5.000 masyarakat umum dan unsur pekerja di Waduk Pluit Jakarta Utara, Senin (14/6/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: