Sukses

Waisak, Ma'ruf Amin: Semoga Tuhan Buka Jalan untuk Bangkit Lawan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan Selamat Hari Raya Waisak kepada umat Buddha. Dia pun menilai, tema yang diangkat dalam perayaan Waisak kali ini dapat mempererat tali persaudaraan antarumat beragama di Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Tema besar Waisak 2021 tahun ini adalah Waisak Membangkitkan Semangat Persatuan untuk Indonesia Maju dan subtema Dengan Semangat Waisak Gunakan Hati Berbuat Kebajikan.

"Kebajikan merupakan ajaran dan ajakan bahkan perintah dari semua agama kepada seluruh pemeluknya dan harus selalu diamalkan kepada sesama manusia," kat Ma'ruf Amin melalui video daring disiarkan Biro Humas Sekretariat Wakil Presiden, Rabu (26/5/2021).

Menurut Ma'ruf, berbuat kebajikan terhadap sesama adalah sebuah keharusan. Terlebih di saat pandemi di mana setiap individu didorong untuk saling bergotong royong mengentaskan Covid-19.

"Terlebih dalam situasi sulit seperti sekarang ini, kebajikan merupakan kekuatan kita untuk melewati segala ujian dan kesulitan," kata dia.

Ma'ruf mengatakan, kebajikan adalah sikap untuk saling membantu, menyemangati dan mendukung antarumat manusia tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan status sosialnya.

"Saya mengapresiasi berbagai kegiatan kebajikan yang digagas dan dilaksanakan umat Buddha Indonesia yang terpancar dalam berbagai kegiatan sosial terutama dalam masa pandemi saat ini," kata dia.

Meski perayaan Hari Raya Waisak 2021 digelar di tengah pandemi Covid-19, Ma'ruf percaya, momentum ini tidak mengurangi esensi para pemeluk agama Buddha untuk tetap khusuk dan bermunajat melawan pandemi.

"Kiranya Tuhan yang Maha Esa membukakan jalan bagi kita semua untuk berbuat kebajikan sehingga persatuan nasional untuk Indonesia maju dan bangkit dalam melawan pandemi ini akan terwujud," tandas Ma'ruf Amin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Hari Raya Waisak di Tengah Pandemi, Jokowi: Akan Ada Terang Usai Gelap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi umat Buddha yang merayakannya. Perayaan kali ini adalah tahun kedua di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak pada hari ini tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @jokowi, Rabu (26/5/2021).

"Kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan," harap Jokowi.

Dia juga mendoakan, agar seluruh umat manusia bisa berjalan bersama dalam damai dan tenang pada perayaan Hari Raya Waisak ini.

"Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita semua," tandas Jokowi.