Sukses

Hari Waisak, Menag: Rekatkan Tali Persaudaraan, Sukseskan Restorasi Borobudur

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Selamat Hari Waisak kepada umat Buddha di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Selamat Hari Waisak kepada umat Buddha di Indonesia. Dia mengapresiasi komitmen umat Buddha dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Melalui momentum peringatan Hari Tri Suci Waisak 2565 tahun buddhis ini, saya berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antarsesama," ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya, di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Menurut Yaqut, pesan merekatkan persaudaraan ini sejalan dengan ajaran yang tertuang dalam kitab suci Dhammapada bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan. Pembabaran Ajaran Benar merupakan sebab kebahagiaan. Persatuan merupakan sebab kebahagiaan. Dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

"Saya berharap, umat Buddha terus dapat memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya kebenaran dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama," pesan dia mengenai Hari Waisak.

Yaqut juga mengajak umat Buddha Indonesia untuk turut serta dalam upaya pengembangan Candi Borobudur. Menurutnya, pemerintah telah mengambil langkah strategis dalam merealisasikan program restorasi Borobudur yang berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan.

"Jadikanlah nilai-nilai luhur itu sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu, bersama-sama menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi kunjungan religi agama Buddha dunia," kata dia.

"Mari sukseskan restorasi Borobudur. Saya yakin dan percaya bahwa dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki, umat Buddha Indonesia dapat mengambil peluang tersebut dengan sebaik-baiknya," pungkas Menag Yaqut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sampaikan Selamat Hari Raya Trisuci Waisak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi umat Buddha yang merayakannya. Perayaan kali ini adalah tahun kedua di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak pada hari ini tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @jokowi, Rabu (26/5/2021).

"Kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan," harap Jokowi.

Dia juga mendoakan, agar seluruh umat manusia bisa berjalan bersama dalam damai dan tenang pada perayaan Hari Raya Waisak ini.

"Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita semua," tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.