Sukses

Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan di Depok Bakal Rutin Putar Lagu Kebangsaan

Rencananya lagu kebangsaan akan diputar setiap tanggal 17.

Liputan6.com, Depok - Pemerintah Kota Depok merencanakan akan memutar lagu kebangsaan di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Pemutaran lagu kebangsaan untuk mengedukasikan dan menanamkan semangat nasionalisme di Kota Depok.

Pada akun youtube Pemkot, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, pada peringatan hari Kebangkitan Nasional Pemerintah Kota Depok sengaja memutar lagu Indonesia Raya di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional. Menurutnya di lokasi tersebut para pedagang ada yang belum pernah mendengar lagu kebangsaan.

“Kita selalu melantunkan lagu ini (kebangsaan) di tempat formal,” ujar Idris, Minggu (22/5/2021).

Idris menjelaskan, pemutaran lagu kebangsaan di pasar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan bela negara mereka. Namun bukan berarti pedagang tidak bisa melakukan ini, tetapi bagaimana menginternalisasi konten nilai semangat bela negara sebagaimana dicantumkan dalam lagu Indonesia Raya.

“Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan kita, sudah menjadi komitmen kita dan kita bisa merealisasi dalam kehidupan sehari-hari,” terang Idris.

Idris mengungkapkan, sesuai dengan lirik lagu Indonesia Raya sebagai warga negara dalam kebhinekaan, semua itu untuk dapat mempertahankan NKRI, karena merasa satu bangsa dan satu tanah air. Menurutnya, semua memiliki pedoman, punya dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita bisa terus memperjuangkan melanjutkan estafeta kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita, untuk menjadikan Indonesia merdeka,” ucap Idris.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diputar Setiap Tanggal 17

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan, menindaklanjuti Wali Kota Depok, lagu kebangsaan akan diputar baik di pasar maupun di seluruh pusat perbelanjaan. Hal itu untuk membangkitkan dan menanamkan rasa nasionalisme dan semangat untuk bangkit dari dampak COVID-19.

“Rencananya lagu kebangsaan akan diputar setiap tanggal 17,” kata Zamrowi.

Zamrowi menuturkan, pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya telah didiskusikan dengan pengelola pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern. Hasilnya, rencana gerakan tersebut dapat disambut dengan baik dari seluruh pengelola.

“Insya Allah akan diputar secara rutin untuk membangkitkan rasa nasionalisme,” pungkas Zamrowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.