Sukses

Menaker Ida Resmikan BLK Komunitas Milik Serikat Pekerja

Menaker Ida menjelaskan bahwa BLK Komunitas bagi SP/SB adalah bagian dari perluasan penerima manfaat BLK Komunitas.

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam suasana Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2021, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, meresmikan BLK Komunitas milik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB).

Adapun BLK Komunitas SP/SB yang pertama kali diresmikan oleh Menaker Ida adalah BLK Komunitas milik Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (4/5). BLK Komunitas ini memiliki program kejuruan teknik pendingin.

Dalam sambutannya, Menaker Ida menjelaskan bahwa BLK Komunitas bagi SP/SB adalah bagian dari perluasan penerima manfaat BLK Komunitas. Sebelumnya, program BLK Komunitas hanya diperuntukan bagi komunitas keagamaan.

"Dengan memperluas penerima program itu kepada basis SP/SB, maka persoalan rendahnya kompetensi dan daya saing dalam mengahadapi revolusi industri 4.0 bisa cepat kita atasi melalui dukungan dari teman-teman SP/SB," kata Menaker Ida.

Menaker Ida menjelaskan, program BLK Komunitas dimulai sejak 2017 dan menyasar lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman. Hingga saat ini sebanyak 2.127 lembaga BLK Komunitas telah didirikan.

Mulai tahun 2020, sasaran program ini diperluas dengan melibatka Menaker Ida menjelaskan bahwa BLK Komunitas bagi SP/SB adalah bagian dari perluasan penerima manfaat BLK Komunitas. n SP/SB. Hal ini dikarenakan SP/SB merupakan komunitas yang lekat secara langsung dengan tugas, fungsi, dan peran Kementerian Ketenagakerjaan.

"Agar SP/SB menjadi bagian penting peningkatan SDM melalui pembangunan BLK Komunitas," jelas Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan, berdirinya BLK Komunitas ini tidak lepas dari peran manajemen Panasonic Gobel dan FSPPG dalam membangun hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

"Kita terus bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik melalui hubungan industrial yang semakin kondusif, memberikan keadilan, yang pada akhirnya mampu memberikan kesejahteraan kepada pekerja," kata Menaker.

Menaker Ida pun mengapresiasi hubungan industrial yang dibangun manajemen Panasonic Gobel dan FSPPG tersebut. Ia berharap keberhasilan mereka membangun BLK Komunitas menjadi contoh bagi SP/SB lainnya.

"Ini adalah model, ini adalah contoh, ini adalah inspirasi bagi teman-teman SP/SB membangun hubungan industrial yang kondusif, hubungan industrial yang susbtantif," ujar Menaker Ida.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.