Sukses

Kebun Raya Bogor Siapkan Wahana Taman Hari Raya, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta Kebun Raya Bogor (KRB) menyiapkan wahana Taman Hari Raya (THR) yakni taman-taman di dalam KRB pada libur Hari Raya Idul Fitri 1422 Hijriyah, pada 13-17 Mei 2021.

Director Marketing and Revenue PT Mitra Natura Raya (MNR), Michael Bayu, mengatakan, wahana Taman Hari Raya yang disiapkan adalah taman-taman yang ada di dalam Kebun Raya Bogor yakni Taman Akuatik, Taman Meksiko, Taman Obat, dan Taman Durian.

Menurut Michael Bayu, wahana THR disiapkan untuk pengunjung pada libur lebaran. "Apalagi libur lebaran tahun ini ada larangan mudik keluar dari Jabodetabek, sehingga banyak warga Jabodetabek yang mengisi libur lebaran dengan berwisata di daerahnya," katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/5/2021).

Bayu menjelaskan, taman-taman di dalam Kebun Raya Bogor yang disiapkan adalah Taman Meksiko dan Taman Akuatik. "Kedua taman ini masih dalam proses revitalisasi, untuk menjadi taman tematik, yang diperkirakan selesai Juni 2021," katanya.

Menurut Bayu, tujuan dari revitalisasi Taman Meksiko dan Taman Akuatik ini untuk menyampaikan pesan-pesan konservasi dan edukasi kepada pengunjung Kebun Raya Bogor.

Di Taman Meskiko, kata dia, pengunjung akan mendapati suasana seperti di negara Meksiko, baik vegetasi maupun tanah berpasir.

"Di Taman Meskiko ini ada tujuh titik edukasi yang dibuat secara interaktif dan dapat menambah pengetahuan pengunjung," katanya.

2 dari 3 halaman

Taman Akuatik

Sedangkan, di Taman Akuatik didominasi oleh wahana air. Di taman ini ada lima titik edukasi yang dapat dipelajari oleh pengunjung. "Edukasi yang dibuat secara interaktif ini diharapkan dapat menarik perhatian generasi muda untuk kembali ke alam," katanya.

Ketika ditanya soal pengunjung, Bayu menuturkan, pada situasi pandemi COVID-19 saat ini pengunjung Kebun Raya Bogor memang sepi, tapi pada libur Lebaran diharapkan dapat meningkat.

Menurut dia, animo masyarakat untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor sebenarnya cukup tinggi, yakni terlihat ketika pemerintah memberlakukan kebijakan yang melonggarkan pergerakan masyarakat pada Agustus 2020, jumlah pengunjung ke Kebun Raya Bogor meningkat.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: