Sukses

BAZNAS Salurkan Unit Toilet Sehat kepada Mustahik di Kalipenten Kulon Progo

Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta menyalurkan bantuan satu unit toilet sehat kepada keluarga Ibu Paryanti di Dusun Kalipenten, Desa Kaligalang Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta menyalurkan bantuan satu unit toilet sehat kepada keluarga Ibu Paryanti di Dusun Kalipenten, Desa Kaligalang Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kegiatan penyaluran unit toilet sehat ini merupakan salah satu bentuk pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yaitu pada pilar STOP BABS atau tidak buang air besar sembarangan.

Rangkaian kegiatan penyaluran unit toilet sehat diawali dengan assesment mengenai keadaan sanitasi di rumah tersebut. Pembuatan toilet sehat ini berlangsung sekitar 14 hari, dimulai sejak tanggal 9 April dan selesai pada 27 April.

Sekadar informasi, sanitasi yang buruk dapat menyebabkan beberapa penyakit menular, salah satunya diare. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DIY tahun 2017, penyakit diare masih menempati 10 besar penyakit di Yogyakarta.

Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta terus berupaya untuk mewujudkan perilaku higienis di masyarakat dengan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) agar angka penderita akibat sanitasi yang buruk menurun.

Pendekatan STBM ini terdiri dari 5 pilar, yaitu setop buang air besar sembarangan (Stop BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengamanan air minum dan makanan rumah tangga (PAM-RT), pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT), dan pengelolaan limbah cair rumah tangga (PLRT).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.