Sukses

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko Akan Langsung Konsolidasi dengan Litbang Pemerintah

Laksana Tri Handoko mengaku akan melakukan konsolidasi dengan berbagai penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Laksana Tri Handoko mengaku akan langsung bergerak dan melakukan konsolidasi dengan berbagai penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah.

Hal ini mengingat BRIN merupakan badan yang baru dibentuk pemerintah.

"Kami ditargetkan untuk bisa melakukan konsolidasi dalam waktu secepat-cepatnya sehingga kita bisa segera memasuki program baru untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik bagi negara ini," ujar Laksana usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Dia mengaku tak ingin BRIN hanya menjadi penghasil riset dan inovasi saja, namun juga harus mampu menjadi fasilitator bagi kalangan di luar badan tersebut. Termasuk, penelitian dari perguruan tinggi maupun akademisi sehingga dapat mendukung perekonomian negara dalam jangka panjang.

Laksana mengatakan, pihaknya berupaya agar riset dan inovasi dapat memberikan dampak ekonomi secara langsung kepada masyarakat. Di saat yang sama, riset dan inovasi diharapkan bisa memicu investasi baru yang masuk ke sektor ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

"Sehingga keberadaan BRIN itu akan dirasakan manfaatnya dan jangka panjang," kata Laksana.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bekerja Sama

Laksana menyatakan BRIN siap bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) dan Kementerian Investasi. Laksana mengaku ditargetkan untuk mendapatkan investasi terkait sektor Iptek.

"Karena sektor Iptek khususnya yang berbasis biodensistas dan sumber daya alam di Indonesia itu sebenarnya memiliki potensi yang selama ini belum tereksploitasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.