Sukses

BIN: Kabinda Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta

Wawan Hari Purwanto, mengatakan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, mengatakan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Rencananya, proses itu berlangsung pagi hari ini.

Diketahui, Kabinda Papua gugur dakibat kontak senjata dengan kelompok separatis.

"Pagi direncanakan akan di bawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata," kata Wawan dalam keterangan resmi diterima, Senin (26/4/2021).

Selain itu, kata dia, akan ada kenaikan pangkat untuk almarhum. "Dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," imbuh dia.

Wawan mengungkap, gugurnya Kabinda Papua kontak senjara kelompok separatis teroris (KST).

Kontak tembak terjadi usai KST mengadang langkah IGP Danny dalam menjalan tugas negara di di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

"Kini Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua tersebut," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kabinda Papua Gugur

Panglima Kodam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono membenarkan, insiden penembakan yang menewaskan Kepala Badan Intelejen Negara di Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Jenderal bintang satu itu meninggal dunia di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Ya benar," kata dia singkat saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat terkait insiden di Papua, Minggu (25/4/2021).

Selain itu, Yogo juga membenarkan laporan yang merinci kronologis terkait peristiwa tersebut.

Disebutkan, hari ini, Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak dalam rangka observasi lapangan dan menentukan lokasi titik ambush Pasukan Pemulihan Keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga) yang dibakar pada 17 April 2021.

"Hal itu dilakukan dalam rangka memotong Pergerakan KSB (kelompok separatis bersenjata) ke Illaga," bunyi keterangan laporan tersebut yang dibenarkan oleh Yogo.

Kemudian, sekira Pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dihadang oleh KSB yang diduga dilakukan oleh Kelompok Amir Uamang. Terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet Distrik Beoga Kab. Puncak.

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Brigjen IGP Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan meninggal dunia," tulis laporan terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.