Sukses

AHY Serukan Perhatian Penuh bagi Keluarga 53 Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur

Bentuk perhatian yang patut dipertimbangkan, lanjut AHY, mencakup setidaknya tiga hal pokok.

Liputan6.com, Banjarmasin - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan ikut berdukacita atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402, sebagaimana dipastikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Minggu (25/4/2021) petang.

"Atas nama para kader, pengurus, pribadi serta keluarga, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya para patriot bangsa ini," kata Ketum AHY yang sedang berada di Banjarmasin dalam rangka safari Ramadan terbatas.

"Saya kebetulan sedang bersama Sekjen Teuku Riefky Harsya yang juga anggota Komisi I DPR RI," ujar AHY, "Kami berdiskusi bagaimana kita sebagai bangsa bisa membalas jasa para prajurit yang gugur dalam tugas negara ini," imbuh dia.

Karena itu, lanjut AHY, dia memerintahkan Sekjen dalam kapasitas sebagai anggota Komisi I DPR RI untuk menyarankan agar Pemerintah memperhatikan penuh para keluarga prajurit yang ditinggalkan.

"Memang sudah pasti ada perhatian dari negara sesuai prosedur tetap, tapi ini peristiwa luar biasa, sehingga perhatian pemerintah pun harus luar biasa," ujar AHY.

Bentuk perhatian yang patut dipertimbangkan, lanjut AHY, mencakup setidaknya tiga hal pokok.

Pertama, Pemerintah dapat memberikan tunjangan penuh dengan memberikan gaji utuh, tidak dipotong sebagaimana halnya uang pensiun.

"Kedua, Pemerintah memberikan beasiswa hingga lulus universitas bagi seluruh putra-putri awak yang gugur. Dan Ketiga, Pemerintah memberikan fasilitas perumahan bagi masing-masing keluarga yang ditinggalkan," jelas AHY.

"Saya yakin Pemerintah kita bisa mewujudkan ini. Beban biaya yang dikeluarkan Negara untuk mewujudkan tiga harapan ini masih lebih kecil dibandingkan pengorbanan nyawa yang sudah diberikan oleh 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur ini," Ketum AHY menandaskan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Mengajukan Usulan

Sementara itu, Sekjen Teuku Riefky Harsya mengamini aspirasi yang disampaikan Ketum AHY.

"Begitu masa persidangan di Senayan dimulai, saya akan secara resmi langsung mengajukan usulan-usulan ini pada Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI termasuk pastinya Kementerian Keuangan," kata Teuku Riefky, wakil rakyat dari Dapil Aceh.

"Partai Demokrat sudah dan akan terus memperjuangkan harapan rakyat, termasuk para prajurit TNI yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia," pungkas AHY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.