Sukses

Jokowi: Buku Adalah Jendela Dunia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Buku Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (23/4/2021).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Buku Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (23/4/2021). menurut dia, buku membuat masyarakat dapat menjelajahi berbagai sisi dunia.

Hal tersebut disampaikan melalui akun Instagramnya @jokowi.

"Buku adalah jendela dunia. Melalui buku kita menjelajah ke berbagai sisi dunia, dari kedalaman laut, rimbun belantara, sampai ke luar angkasa," tulis Jokowi.

Bukan hanya itu, dia menyampaikan bahwa lewat buku pula masyarakat dapat mendapatkan ilmu pengetahuan. Bahkan, buku juga mengenalkan masyarakat dengan sejarah umat manusia.

"Melalui buku pula kita mengenal gagasan, ilmu, hikayat, dan riwayat yang dituliskan sepanjang sejarah umat manusia," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Buku Sedunia

Begitu pentingnya peranan buku dalam kehidupan manusia, sehingga setiap 23 April diperingati sebagai Hari Buku sedunia.

Perayaan tersebut tak lain sebagai bentuk penghargaan sekaligus refleksi tentang sejauh mana peranan buku dalam meningkatkan baik skill maupun ilmu pengetahuan seseorang.

World Day Book yang dirancang oleh UNESCO merupakan sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Indonesia pertama kalinya melaksanakan peringatan Hari Buku Sedunia pada tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak baik itu pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas hingga masyarakat pada umumnya.

Meskipun baru dirayakan sejak 1995 sebagai Hari Buku Sedunia, namun inisiatif atau ide dari perayaan Hari Buku Sedunia telah ada sejak abad ke-15. Dalam hal perayaan peringatan Hari Buku Sedunia setiap negara memiliki ciri khasnya tersendiri.

Di Brasil misalnya, berbagai toko buku menyampaikan kampanye mengenai kesusastraan untuk anak-anak. Sementara Mexico mengadakan perayaan buku di depan publik selama kurang lebih 12 jam berturut-turut dengan tujuan meningkatkan kecintaan kepada membaca dan juga buku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.