Sukses

Kasus Meningkat, Satgas Minta Pemda Optimalkan Peran Posko Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara Satgas Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito meminta pemerintah daerah (Pemda) mengoptimalkan fungsi posko Covid-19. Permintaan ini menyusul meningkatnya kasus positif dan kematian akibat virus Corona di sejumlah wilayah.

"Dimohon kepada provinsi yang kasus positif dan kematiannya meningkat untuk terus mengoptimalkan fungsi posko Covid-19,” katanya, Rabu (21/4/2021).

Wiku menekankan salah satu kegiatan yang perlu diprioritaskan posko Covid-19 yakni mengawasi penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

Dia juga mengimbau masyarakat ikut memantau posko Covid-19 di daerah masing-masing.

"Masyarakat juga diharapkan dapat memantau posko di wilayah tinggalnya masing-masing. Apabila posko belum terbentuk, atau belum beroperasi secara otpimal, harap melapor ke kecamatan dan secara berjenjang akan disampaikan hingga ke tingkat provinsi," kata Wiku.

 

Reporter: Titin Supriatin/Merdeka.com

 

2 dari 3 halaman

Kasus Meningkat

Diketahui, kasus positif dan kematian Covid-19 meningkat tajam pada periode 12 hingga 18 April 2021. Alasan pertama karena libur Paskah pada 4 April 2021.

"Adapun penambahan kasus positif dan kematian ini terjadi bisa karena dampak dari libur Paskah pada 4 April lalu," kata Wiku.

Kedua, kemungkinan karena euforia pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sehingga kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menurun. Lemahnya penerapan protokol kesehatan membuka peluang penularan Covid-19.

"Menurunnya kepatuhan protokol kesehatan yang mungkin terjadi karena euforia vaksinasi," ujarnya.

Wiku meminta semua pihak mengambil langkah cepat untuk menekan laju kasus positif dan kematian Covid-19. Dia berharap, peningkatan kasus positif dan kematian Covid-19 tidak kembali terjadi pada pekan berikutnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: