Sukses

Punya Potensi Besar, Wali Kota Hendi Gencar Kembangkan Wisata Religi Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang sempat terdampak pandemi Covid-19.

 

Liputan6.com, Semarang Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang sempat terdampak pandemi Covid-19. Salah satu sektor pariwisata yang gencar digarap adalah wisata religi yang nantinya diharapkan dapat mendongkrak potensi wisata di Kota Semarang. 

Hendi, sapaan akrab Wali kota mengungkapkan jika wisata religi merupakan salah satu daya tarik Kota Lumpia yang sangat potensial untuk dikembangkan. Pasalnya, Semarang dikenal sebagai salah satu kota yang sarat akan akulturasi beragam budaya. 

Pugar Gapura Masjid Taqwa Sekayu

Salah satu destinasi wisata religi yang dikembangkan adalah Masjid Taqwa Sekayu. Hendi menyebutkan bahwa masjid tersebut merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang. Pasalnya, Masjid Taqwa Sekayu yang dulu bernama Masjid Perkayuan dan dibangun pada tahun 1413 tersebut adalah masjid tertua di Kota Semarang bahkan di Jawa Tengah.

“Karena masjid ini adalah masjid tertua di Semarang bahkan di Jawa Tengah, maka sudah sepantasnya agar dijaga kelestariannya,” ujarnya. Untuk mewujudkan komitmennya, Hendi merencanakan tahun ini akan melakukan pemugaran terhadap gapura masjid. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Akses Jalan ke Destinasi Wisata

Tak hanya itu, Hendi pun melakukan perbaikan akses jalan menuju makam ulama yang selama ini telah menjadi destinasi wisata religi, antara lain makam Ki Ageng Pandanaran, makam Mbah Kramat Jati, makam Sun An Ing di Lebdosari, dan makam Kyai Syafii Mangkang.

Deretan Wisata Religi di Semarang

Selain Masjid At Taqwa Sekayu, menurut Hendi, Kota Semarang memiliki banyak potensi wisata religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Besar Kauman, Sam Poo Kong,  Vihara Mahavira Graha, Masjid Layur Kampung Melayu, Pura Agung Giri Natha, Kelenteng Tay Kak Sie, Gereja Gedangan,  Gereja Blenduk, dan Pagoda Watugong termasuk Masjid Sekayu.

Hingga kini, Masjid Taqwa Sekayu masih menarik perhatian umat muslim dari berbagai daerah untuk sekedar singgah dan menyaksikan secara langsung keistimewaan Masjid Taqwa Sekayu. Hendi berharap masjid ini bisa menjadi destinasi religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah dan tempat ibadah bersejarah lainnya di Kota Semarang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.