Sukses

Solmet Sesalkan Isu Pergantian 5 Menteri Jokowi

Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (SOLMET) Silfester Matutina menyesalkan isu tentang lima menteri yang akan di-resuffle Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (SOLMET) Silfester Matutina menyesalkan isu tentang lima menteri yang akan di-resuffle Jokowi. Kelima menteri yang diisukan diganti Jokowi adalah Mensesneg Pratikno, Menperindag Muhammad Lutfi, Menteri ATR/BPNSofyan A Djalil, Menkominfo Johnny Plate, dan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Sangat disayangkan isu yang diembuskan bahwa ada 5 menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan dicopot Presiden Jokowi," kata dia dalam keterangannya, Senin (19/2/2021).

Dia menambahkan, isu ini telah diembuskan sejak November 2020 lalu, menjelang reshuffle kabinet pada 22 Desember 2020 lalu. Namun para menteri tersebut tidak diganti oleh Jokowi. "Untuk itu kami berharap media dan masyarakat tidak usah percaya lagi isu itu," ujar dia.

Dia mengungkapkan, dalam menetapkan para menteri, Jokowi akan berdiskusi dengan para ketua umum parpol, Wapres serta ada tim khusus yang dibentuk Presiden secara rahasia yang tentunya tidak akan membocorkan apa pun.

"Sepengetahuan kami memang benar pasti ada Resuffle dikarenakan ada perubahan nomenklatur Kementerian yaitu Pembentukan Kementerian Investasi dan Peleburan Kementerian Pendidikan,Riset dan Teknologi berdasarkan Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 yang telah disetujui DPR," ujar dia.

Namun begitu, reshuffle kabinet itu disebutnya tidak sampai menyasar lima hingga 10 Kementerian. Ia menegaskan, hanya Presiden Jokowi yang mengerti siapa saja yang akan diresuffle atau diangkat menjadi menteri baru.

"Yang tahu persis dan yang akan mengumumkan penentuan menteri dan waktu Resuffle adalah Presiden sendiri sesuai kewenangan Beliau," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Percaya

Untuk itu ia berharap agar masyarakat tidak percaya atas isu tersebut karena akan sangat merugikan stabilitas perekonomian dan suhu politik dalam negeri.

"Beberapa hari terakhir ini banyak teman-teman pengusaha dan teman-teman daerah jadi bingung dan galau untuk berhubungan dengan 5 kementerian ini," tutup Silfester Matutina.

Solmet sendiri merupakan salah satu organisasi Relawan Pendukung Jokowi yang mempunyai anggota di Seluruh Indonesia dan puluhan perwakilan di luar negeri. Solmet mendukung Kemenangan Presiden Jokowi sejak 2014 dan 2019 dan aktif melakukan kegiatan Sosial kemanusiaan di masyarakat hingga kini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Solmet