Sukses

Varian Baru Corona B117 Masuk Indonesia, BIN Ambil Langkah Strategis

Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Purwanto menegaskan, pemerintah Indonesia terus mencermati dinamika varian baru mutasi virus Corona yang dinamakan B117.

Liputan6.com, Jakarta - Varian baru virus Corona yang dinamakan B117 terkonfirmasi masuk Indonesia pada awal Februari 2021. Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Nasional (BIN), Wawan Purwanto menegaskan, pemerintah Indonesia terus mencermati dinamika mutasi virus Corona tersebut.

"Salah satu upaya antisipasi pemerintah adalah memperketat masuknya WNA ke Indonesia dan melarang penerbangan dari Inggris," kata Wawan dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, Indonesia juga telah melakukan riset tentang mutasi virus Corona ini. Berdasarkan catatan BIN, ada 462 spesimen di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir yang diteliti dengan menggunakan metode Whole Genome Sequence (WGS).

"Pengembangan riset ini untuk mencari model penanganan lebih baik karena proses mutasi B117 yang sudah ada di sekitar kita," jelas Wawan.

Wawan mengatakan, pihaknya pun melakukan sejumlah langkah strategis sesuai kewenangan guna mencegah penyebaran lebih luas. Salah satunya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pencegahan Covid-19 jenis baru, termasuk dalam pengembangan berbagai riset untuk menghadapi mutasi virus ini. 

"BIN juga terus melakukan berbagai langkah-langkah strategis sesuai kewenangannya, seiring munculnya kasus mutasi virus Corona B117 yang terjadi di beberapa negara tetangga seperti Singapura (23 Desember 2020), Malaysia (12 Januari 2021), Vietnam (2 Februari 2021), Thailand (Januari 2021), dan Filipina ( 13 Januari 2021)," ujar Wawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Inggris dan UEA

Berkaca dari Singapura, B117 datang dari seorang pelajar berusia 17 tahun yang telah belajar di Inggris. Sementara, Thailand menemukan kasus pertama B117 pada empat warga negara asing (WNA) asal Inggris. Adapun di Filipina kasus B117 ditemukan pada seorang agen properti berusia 29 tahun yang baru saja melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab.

"BIN dan berbagai stakeholder lainnya terus berkoordinasi dan meningkatkan kerja sama, termasuk dalam pengembangan berbagai riset untuk menghadapi mutasi virus ini," Wawan menandasi.

3 dari 3 halaman

Imbauan

BIN pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan disiplin prokes 5M guna mengantisipasi virus ini.

Beberapa upaya tersebut di antaranya adalah:

a. Meningkatkan disiplin ketat protokol kesehatan 5M.

b. Meningkatkan upaya penelitian untuk memutus rantai penularan Covid-19, termasuk dengan mendorong lahirnya obat maupun vaksin karya anak bangsa.

c. Memperketat penerapan PPKM Mikro.

d. Mengimbau seluruh elemen dan komponen bangsa bergotong royong berpartisipasi mengatasi pandemi Covid-19 dan optimis menang lawan corona.

e. Mengimbau masyarakat mengikuti program vaksinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.