Sukses

BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Indonesia Sepekan ke Depan

Hal ini dikarenakan puncak musim hujan di Indonesia belum berakhir. BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi hingga awal Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk tetap waspada terkait potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan.

"Periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya dalam konpers daring, Sabtu (20/2/2021).

Hal ini dikarenakan puncak musim hujan di Indonesia belum berakhir. BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi hingga awal Maret 2021.

"Sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, masih berada dalam periode puncak musim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan masih akan berlangsung sampai akhir Februari, awal Maret 2021," jelas Kepala BMKG.

Tak hanya Jabodetabek, Dwikorita juga mengingatkan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

"BMKG memprediksi masih terjadi potensi hujan intensitas lebat bahkan disertai kilat petir dan angin kencang, hampir merata di seluruh Indonesia dalam sepekan ke depan. Mulai Aceh sampai Papua," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi BMKG

Sementara itu, potensi hujan ringan diprediksi aka terjadi pada 21-22 Februari. Sementara, tanggal 23 Februari diprediksi hujan lebat kembali melanda Jabodetabek.

"Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada. Kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24," ucap Dwikorita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.