Sukses

Ragam Ucapan Imlek dari PBNU, Gubernur DKI, hingga Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Imlek sudah berlangsung pada Jumat, 12 Februari 2021. Sejumlah tokoh pun tak ketinggalaan mengucapkan Imlek bagi yang merayakan.

Misal salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Melalui akun Instagramnya, ia mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh masyarakat yang merayakan.

Anies menyebut, Imlek 2021 ini merupakan tanda pergantian tahun shio tikus logam ke kerbau logam putih.

"Kita tahu bahwa kerbau adalah shio kedua dalam zodiak Tiongkok, sehingga siapapun yang lahir pada tahun shio tersebut dipercaya memilik kepribadian tangguh, pekerja keras dan diandalkan, terpercaya, serius, mandiri dan juga penyabar," kata Anies, Jumat, 12 Februari 2021.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Selain itu, orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga turut mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2572 kepada umat Tionghoa dan Konghucu.

Dia berharap Imlek yang diperingati di tengah pandemi Covid-19 dapat membawa kebaikan untuk semua masyarakat Indonesia.

"Semoga kita semua tetap dalam semangat persaudaraan serta dijauhkan dari penyakit dan bencana," kata Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi.

Berikut deretan ucapan Imlek dari para tokoh hingga Presiden Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 11 halaman

PBNU

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Semoga kita semua diberi kesehatan, kemudahan, dan semantica dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," ujar Helmy, Jumat, 12 Februari 2021.

"Dengan memperkuat solidaritas sesama anak bangsa, lintas budaya, lintas suku, lintas agama," sambung dia.

Menurut Helmy, kemampuan mengelola keragaman itu akan membuat Indonesia dapat menunjukkan jati diri bangsa yang berbudaya di mata dunia.

Itulah bukti bahwa bangsa Indonesia bangsa yang berbudaya, menjunjung tinggi perbedaan dalam kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia juga berharap Imlek menjadi penyemangat warga selama pandemi Covid-19.

"Di tengah Pandemi yang sedang melanda dunia, momentum Imlek bisa menjadi penyemangat dan penguat solidaritas kita semua untuk tetap optimistis dalam menghadapi wabah yang terjadi saat ini. Sekali lagi selamat hari Raya imlek, Gong Xi Fa Cai," tandas Helmy.

 

3 dari 11 halaman

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2021 kepada seluruh masyarakat yang merayakan. Dia menyebut, Imlek 2021 ini merupakan tanda pergantian tahun shio tikus logam ke kerbau logam putih.

"Kita tahu bahwa kerbau adalah shio kedua dalam zodiak Tiongkok, sehingga siapapun yang lahir pada tahun shio tersebut dipercaya memilik kepribadian tangguh, pekerja keras dan diandalkan, terpercaya, serius, mandiri dan juga penyabar," kata Anies Baswedan dalam akun Instagramnya.

"Karena itu izinkan atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saya menyampaikan selamat tahun baru Imlek ke-2572, Kongzili bagi yang merayakan," sambung dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap tahun kerbau membawa kesuksesan dan kelancaran dalam segala hal. Juga penuh dengan tanda-tanda keberhasilan.

"Semoga di tahun shio kerbau ini di proyeksikan kita semua bisa menjalani tahun 2021 dengan lancar, sukses dan penuh dengan tanda tanda keberhasilan, terima kasih Gong Xi Fa Cai," pungkas Anies Baswedan.

Senada, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menyampaikan selamat hari raya Imlek 2572 Kongzili kepada masyarakat yang merayakan.

"Selamat Tahun Baru Imlek ke-2572 Kongzili untuk saudara-saudara kami yang merayakan. Semoga hidup kita yang sementara ini dipenuhi kebaikan, kesabaran serta kepedulian pada sesama manusia dan alam. Gong Xi Fa Cai," kata Ariza lewat akun instagramnya @bangariza.

Ariza berharap tahun baru Imlek kali ini membawa kebaikan dan kesehatan bagi semua.

"Semua harapan terbaik saya untuk tahun ini semoga membawa kebaikan, rezeki berlimpah, kesehatan sempurna dan kemakmuran bagi kita semua," ucap dia.

Ariza mengimbau, libur imlek yang bertepatan dengan long weekend bisa dimanfaatkan dengan mengisi waktu yang berkualitas bersama keluarga di rumah. Hal tersebut demi menghindari penularan Covid-19 di luar.

"Saya juga iimbau kita semua merayakan libur panjang Imlek dengan tetap berada di rumah bersama orang tercinta. Sebab, berdasarkan pengalaman sebelumnya libur panjang selalu klaster baru," terang dia.

Politikus Gerindra itu juga mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 selama perayaan Imlek.

"Disiplin terus protokol kesehatan dengan 3M. Mari rayakan tahun baru Imlek dengan harapan lebih baik, dan doa kita untuk kesehatan dan kebaikan seluruh anak bangsa," jelas Ariza.

 

4 dari 11 halaman

Menteri Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek. Menurut dia, perayaan ini dapat melambangkan keharmonisan di dalam kehidupan.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2021. Perayaan imlek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang telah diterima dan berharap terus diberkahi kemakmuran. Tahun baru imlek juga melambangkan keharmonisan di dalam kehidupan," demikian dikutip Liputan6.com dari Instagram @smindrawati.

Dirinya berharap, limpahan berkah, kemakmuran dan keharmonisan beragama akan diterima dalam perayaan Imlek kali ini.

"Walaupun tidak bisa melakukan perayaan semeriah tahun-tahun sebelumnya, saya harap seluruh warga Tionghoa tetap dapat merasakan kemeriahan dan bersuka cita bersama keluarga di perayaan Imlek tahun ini. Semoga Indonesia senantiasa dilimpahi berkah, kemakmuran, dan keharmonisan dalam keberagaman. Gong Xi Fa Cai," tutup Sri Mulyani.

 

5 dari 11 halaman

Menteri Perhubungan

Ada pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dengan filosofi yang hampir mirip dengan Menkeu.

"Setiap tahun dalam kalender China memiliki simbol binatang yang berjalan dalam siklus 12 tahun. Tahun ini berdasarkan kalender ini, disebut dengan Tahun Kerbau Logam. Saya membaca pendapat sejumlah pakar fengshui yang menyebutkan, bahwa kerbau selalu bergerak ke depan ketika bekerja. Jadi, diharapkan di tahun ini kita juga bisa terus maju jika bekerja keras, ulet, kuat, dan jujur," ujar Budi melalui akun Instagramnya @budikaryas.

Dirinya terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk kerja keras dalam menangani pandemi.

"Kerja keras semacam itu dibutuhkan, agar kita bisa bersama-sama melewati masa pandemi ini. Perlu kerja bersama-sama agar kita dapat memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya adalah dengan merayakan Tahun Baru Imlek #dirumahsaja bersama keluarga, dan tidak bepergian jika tidak sangat perlu. Perayaan imlek dirumah saja, tidak mengurangi makna perayaan Imlek, yakni bersyukur dan doa harapan untuk keselamatan dan limpahan rizki," kata dia.

Dirinya juga mengimbau agar perayaan Imlek dilakukan dengan sederhana dan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Adapun menjaga hubungan dengan keluarga dan kerabat, tentunya masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Silahturahmi tetap dapat dilakukan dengan misal telepon, video call, teleconference, dan lain-lain," terang Budi Karya.

"Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga tahun ini memberikan harapan baru bagi kita semua. Semoga Tahun Kerbau Logam ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bersama-sama bekerja keras, bangkit dari pandemi menuju #IndonesiaMaju," tutup Budi.

 

6 dari 11 halaman

Menteri Pariwisata dan Wamendag

Tak ketinggalan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengucapkan perayaan Imlek melalui akun Instagramnya @sandiuno.

"Xin nian kuai le. Selamat tahun baru Imlek 2572. Semoga kita semua diberikan kesehatan, keberkahan, kedamaian dan kesejahteraan. #imlek," demikian ucapan Sandi.

Lalu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga juga turut berdoa agar pada perayaan Imlek tahun ini, masyarakat Indonesia diberikan kesehatan dan keberkahan.

"Selamat merayakan tahun baru Imlek. Semoga tahun ini membawa kebahagiaan dan kesehatan untuk kita semua," ujar Jerry dalam potongan video.

 

7 dari 11 halaman

Menko Polhukam

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan selamat Tahun Baru Imlek 2572 kepada umat Tionghoa dan Konghucu yang merayakan.

Mahfud Mdberharap, di tahun kerbau logam yang diyakini membawa aura positif ini, bangsa Indonesia dapat bangkit dari masa-masa sulit.

"Semoga kita bisa bangkit dan maju dalam segala hal, terutama melewati masa-masa sulit dan bisa bangkit dalam segala kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Mahfud dikutip dari akun instagramnya @mohmahfudmd.

Dia mengajak umat Tionghoa dan Konghucu menjadikan peringatan Imlek di tengah pandemi Covid-19 ini sebagai momentum membuat harapan baru. Di samping itu, Mahfud mengingatkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan.

"Peringatan Imlek di masa pandemi ini, kita panjatkan tahun baru, harapan baru, dan penuh keberuntungan. Namun mari kita semua tetap jaga protokol kesehatan," ucap dia.

"Semoga kebahagian dan kemenangan dapat kita wujudkan bersama. Selamat tahun baru Imlek 2021. Gong Xi Fa Cai!" sambung Mahfud.

 

8 dari 11 halaman

Menko PMK

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2572 kepada umat Konghucu di Indonesia.

Muhadjir berharap, Imlek yang dirayakan di tengah pandemi Covid-19 ini bisa membuat Indonesia memiliki harapan baru.

"Saya mengucapkan selamat tahun baru imlek dengan harapan baru, setidaknya kita semua diberikan kesehatan, kebahagiaan dan rejeki yang berlimpah. Mari kita berdoa bersama, agar Indonesia segara keluar dari Pandemi Covid-19," kata Muhadjir kepada merdeka.com.

Dia mengajak umat Konghucu untuk merayakan Imlek dan bersilaturahmi dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dia juga mengajak masyarakat menggunakan media daring tanpa menghilangkan nilai dari perayaan tersebut.

"Pesan saya hindari saling mengunjungi antar keluarga besar, melakukan silaturahmi secara virtual tanpa mengurangi makna dan nilai luhur imlek itu sendiri," ungkap Muhadjir.

Dia juga mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan masyarakat Tionghoa. Hal tersebut dalam rangka untuk Indonesia dan acara Imlek Nasional 2021.

"Saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan, yang diisi dengan bentuk bakti dan kepedulian masyarakat Tionghoa untuk Indonesia dalam rangkaian acara imlek nasional 2021," kata Muhadjir.

 

9 dari 11 halaman

Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan Tahun Baru Imlek 2572 kepada umat Tionghoa dan Konghucu. Jokowi berharap Imlek yang diperingati di tengah pandemi Covid-19, membawa kebaikan untuk semua masyarakat Indonesia.

"Semoga kita semua tetap dalam semangat persaudaraan serta dijauhkan dari penyakit dan bencana," kata Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi.

Dia menyadari bahwa Tahun Baru Imlek kali ini berbeda dari sebelumnya karena diperingati di masa pandemi virus corona. Namun, Jokowi meyakini Imlek tahun ini tetap memberikan kedamaian untuk masyarakat.

"Hari raya Imlek ini kita tak leluasa untuk merayakannya dengan sukacita bersama-sama. Tapi semua itu tak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian dan cinta kasih dalam keluarga," tandas Jokowi.

10 dari 11 halaman

5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

11 dari 11 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: