Sukses

Antisipasi Lonjakan Penumpang di Libur Imlek, Korlantas Tinjau Disiplin Prokes di Stasiun Gambir

Liputan6.com, Jakarta Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Istiono meninjau kesiapan Stasiun Gambir dalam rangka antisipasi libur Imlek yang akan dilaksanakan pada Jumat, 12 Februari 2020 hingga Minggu mendatang. 

Kakorlantas yang didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksa, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo, Dirut PT Jasa Raharja Budi Setiyadi mengaku puas dengan penerapan prokes di Stasiun Gambir. Kakorlantas menyebut prokes di Stasiun Gambir berjalan baik dengan adanya swab antigen terhadap penumpang.

Pasalnya, para calon penumpang kereta disyaratkan harus menggunakan swab antigen baru untuk bisa berangkat ke tempat tujuan.

"Moda transportasi yang kita tinjau tadi ini kesiapannya sudah maksimal sekali dan sudah bagus," papar Istiono di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (9/2/2020).

Istiono melihat adanya pergeseran penumpang yang mudik melalui kereta. Dari Stasiun Gambir, lanjut Istiono, penumpang paling dominan berangkat menuju Solo dan Yogyakarta.

"Oleh karena itu, daerah dan tujuan tersebut harus mengantisipasi pergerakan orang, prokes orang di wilayah juga harus dijaga dengan sedemikian ketat," kata Istiono.

"Kita siap mengantisipasi itu semua. Arus mudik maupun balik kita siapkan secara maksimal," tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Tambah Personel di Jalan Tol

Sementara itu,  Kakorlantas mengatakan atas dasar SE Mendagri 7, pihaknya bersama stakholder terkait mengimbau untuk masyarakat agar tidak bepergian saat libur panjang.

"Di SE No 7 sudah dikatakan bahwa pergerakan libur panjang itu untuk TNI-Polri kemudian BUMN dilarang untuk melaksanakan libur. Itu mengurangi beban kita untuk pengaturan di jalan dan untuk antisipasi penyebaran covid-19," terangnya.

Jelang libur panjang, Istiono mengatakan akan menambah personel di ruas jalan tol maupun arteri.

"Apalagi cuaca yang lagi hujan dan banyak banjir, banyak longsor, jadi kita harus antisipasi secara maksimal," ungkapnya.

Tak hanya itu, Istiono juga akan menyiapkan drive thru swab antigen untuk para pemudik.  Rencananya, drive thru swab antigen akan dibuat di rest area, tempat wisata, atau lokasi yang dipenuhi oleh warga atau berkerumun.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: