Sukses

Kepala Puskesmas Cipayung: Pelayanan Tes Swab Covid-19 Hanya di Hari Kerja

Karena ada beberapa petugas swab test puskesmas yang telah terpapar Covid-19, maka meliburkan petugas di hari Sabtu.

Liputan6.com, Jakarta - Puskesmas Cipayung, Jakarta Timur, membuka pelayanan tes usap atau swab test Covid-19 hanya pada hari kerja. Hal ini untuk meminimalisasi risiko penularan terhadap tenaga kesehatan yang bertugas.

"Pada saat ini tidak melayani swab test pada hari Sabtu dan Minggu, karena kami ingin memberikan waktu bagi petugas swab test agar bisa beristirahat sejenak, agar tidak terlalu sering terpapar, dan ini berlaku di setiap puskesmas kelurahan juga," kata Kepala Puskesmas Cipayung Rini Muharni di Jakarta, Minggu (13/1/2021), dikutip dari Antara.

Pernyataan tersebut disampaikan Rini saat mengklarifikasi keluhan dari salah seorang pasien dengan gejala Covid-19 yang menuding pelayanan swab test Puskesmas Cipayung berjalan lambat.

Pasien atas nama Hermawan Ramadhan datang bersama sang istri ke Puskesmas Cipayung pada Sabtu 30 Januari 2021 dengan keluhan memiliki gejala khas terinfeksi virus SARS CoV 2.

Namun tim medis Puskesmas hanya melakukan screening (pemeriksaan) dasar terkait gejala Covid-19 dan konsultasi dengan dokter tanpa dites usap maupun tes cepat.

Selanjutnya pasien diminta menunggu selama tiga hari untuk memperoleh jadwal pelaksanaan swab test.

"Berhubung di hari Sabtu tidak ada pelaksanaan swab test, dokter kami melakukan pengobatan terlebih dahulu kepada pasien dan menganjurkan agar datang kembali hari Senin (1/2) pagi ke poli penapisan untuk dilakukan swab test," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas khusus

Menurutnya, pasien yang berdomisili di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung tersebut juga bisa ke Puskesmas di kelurahan terdekat dari tempat tinggal untuk dijadwalkan pengambilan sampel cairan pernapasan.

"Jadi sebenarnya tidak perlu menunggu sampai tiga hari baru dilakukan swab test," katanya.

Petugas swab test, kata Rini, adalah petugas khusus yang sudah terlatih sehingga tidak semua petugas medis bisa melaksanakannya.

Namun karena ada beberapa petugas swab test Puskesmas yang telah terpapar Covid-19, maka Rini berinisiatif untuk meliburkan petugas di hari Sabtu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.