Sukses

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Menurut Menkes, kedisiplinan protokol kesehatan tersebut perlu dilakukan bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan berbagai strategi mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang kini mencapai 1 juta kasus. Dia menegaskan pentingnya menekan laju penularan Covid-19 agar tak membebani fasilitas kesehatan.

"Kita harus mengurangi laju penularan dari virus sehingga fasilitas kesehatan yang kita miliki tidak terlalu berat bebannya sehingga kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespons terhadap virus ini," kata Budi dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021)

Menurut dia, ada dua hal yang harus dilakukan dengan ekstra keras untuk mengurangi penyebaran virus corona. Pertama, disiplin protokol kesehatan yakni, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Kendati begitu, kedisiplinan protokol kesehatan tersebut perlu dilakukan bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, Budi meminta masyarakat saling mengingatkan terkait kedisiplinan protokol kesehatan.

"Itu adalah satu hal utama yang harus dilakukan untuk mengurangi laju penularan virus ini," ucapnya.

Kedua, memperkuat testing, tracing (pelacakan), dan isolasi mandiri. Dia meyakini apabila testing, tracing, serta tempat isolasi mandiri disiapkan dengan baik akan mengurangi penyebaran virus corona.

"Kita harus menyiapkan tempat isolasi yang nyaman agar yang bersangkutan bisa sembuh tanpa menulari teman-teman yang lain untuk mengurangi laju penurunan itu tadi," jelasnya.

Budi memastikan Kementerian Kesehatan agar bekerja keras agar program testing, tracing, dan isolasi mandiri dapat berjalan denhan baik. Dengan begitu, angka penyebaran Covid-19 di tanah air juga dapat berkurang.

"Tujuannya hanya satu, mengurangi laju penularan, flattening the curve. Dengan ini kita bisa mengendalikan penyebaran dari pandemi ini," tutur Budi Gunadi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.012.350 Kasus Positif

Sebagai informasi, Indonesia termasuk ke dalam daftar negara yang melampaui satu juta kasus positif Corona di dunia per Selasa (26/1/2021). Kemenkes RI dan Satgas Covid-19 mencatat sudah ada 1.012.350 orang di Indonesia yang positif virus corona.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, dari total 1.012.350 kasus positif Covid-19, 28.468 di antaranya meninggal dunia. Kasus meninggal ini meningkat 336 dari data Senin kemarin yang masih 28.132 orang.

Pasien sembuh dari Covid-19 juga bertambah, yakni 10.868 dari data kemarin yang masih 809.488 orang. Total kumulatif pasien sembuh Covid-19 mencapai 820.356 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.