Sukses

4 Hari Dibuka, TPU Bambu Apus Makamkan 124 Jenazah dengan Prokes Covid-19

TPU Bambu Apus telah digunakan sebagai pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19 sejak Kamis, 21 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Apus, Jakarta Timur Muhaemin menyatakan 124 jenazah telah dikebumikan dengan protokol kesehatan selama empat hari.

TPU Bambu Apus telah digunakan sebagai pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19 sejak Kamis, 21 Januari 2021.

"Hari pertama (Kamis) ada 9 jenazah. Kemudian hari kedua (Jumat) 37 jenazah. Selanjutnya di hari ketiga (Sabtu) 40 jenazah dan hari ke empat (Minggu) 38 jenazah," kata Muhaemin saat dihubungi Liputan6.com, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tempat pemakaman tersebut seluas 3.000 meter persegi.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi, untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Muhaemin, Kamis 21 Januari 2021, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur Covid-19 sebab lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TPU Tegal Alur

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.