Sukses

Resmi Jadi Sekda DKI, Marullah Tetap Jabat Plt Wali Kota Jaksel

Marullah juga harus melapor seluruh hasil kegiatan tugasnya sebagai Plt kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali tetap menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan untuk sementara waktu.

Hal tersebut berdasarkan Surat Perintah Tugas bernomor 20/-082.74 yang ditandatangani oleh Anies pada Selasa (19/1/2021). Dalam surat tersebut Marullah akan menjabat hingga ada penetapan walikota definitif.

"Memerintahkan Marullah Matali, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan tugas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan di samping jabatannya sebagai Sekda, terhitung mulai 18 Januari sampai dengan pejabat definitif ditetapkan dan/atau paling lama tanggal 18 April 2021," kata Anies dalam surat perintah tersebut, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, Marullah juga diberikan secara penuh dan fungsi sebagai walikota. Kemudian Marullah juga harus melapor seluruh hasil kegiatan tugasnya sebagai Plt kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Perintah tugas ini untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantik Marullah Jadi Sekda DKI

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

Kata dia, pemilihan Sekda DKI sudah diproses berdasarkan UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS.

"Proses itu sudah tuntas. Alhamdulillah, hari ini adalah babak baru, satu sisi menuntaskan proses seleksi, sisi lain memulai kerja besar bersama dengan Sekda yang baru," kata Anies dalam keterangannya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengharapkan agar Marullah dapat menjalankan amanat baru ditengah pandemi Covid-19. Sebab saat ini, kata Anies, keadaan kesehatan dan perekonomian di Ibu Kota melemah.

"Selain itu, Sekda juga diminta bisa memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. Kemudian, di satu sisi, kita ingin Pemprov DKI Jakarta mengejar target semua terkait pembangunan yang sudah ada baik di RPJMD maupun di KSD," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.