Sukses

BMKG: Butuh Puluhan Tahun Lagi untuk Terjadi Gempa Besar di Sulbar

BMKG telah memasang peralatan untuk melakukan perhitungan percepatan pergerakan tanah di sekitar Mamuju serta melakukan pemetaan sebaran kerusakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Seismologi Teknik BMKG, Rahmat Triyono, memaparkan tren gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat. Dia mengatakan, trennya berbeda dengan gempa di Palu sebelumnya. Bahkan, kata dia, trennya sangat jarang terjadi.

"Percepatan pergerakan sesar gempa bumi Palu dan Mamuju sangat berbeda, di Palu sekitar 35mm/tahun sedangkan di Mamuju sekitar 10-15mm/tahun. Tentunya tingkat aktivitas di Mamuju sangat jauh berbeda pergeserannya dengan di Palu," kata Rahmat dalam konferensi pers virtual BMKG, Selasa (19/1/2021).

BMKG mencatat, hingga Senin 18 Januari 2021, hanya terdapat 31 kali gempa bumi di Mamuju dan sebagian besar tidak dirasakan. Sementara itu, gempa susulan yang terjadi di Palu mencapai ratusan bahkan ribuan kali dalam sehari. Berdasarkan data tersebut, BMKG belum mampu menyimpulkan, kapan gempa susulan akan berakhir.

"Apabila trennya masih tinggi dan jumlahnya terus bertambah, artinya gempa susulannya juga akan panjang. Namun di tabel BMKG sudah menurun drastis. Harapannya hal ini tidak akan berlangsung lama," ucap Rahmat.

Rahmat menjelaskan, potensi adanya gempa susulan sebenarnya merupakan bagian dari pelepasan energi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Puluhan Tahun

"Jadi setiap kali kejadian gempa bumi yang besar selalu akan diikuti oleh gempa-gempa susulan dan tentunya intensitasnya lama-kelamaan akan menurun. Pada akhirnya akan berhenti, Mamuju akan normal kembali. Butuh beberapa puluh tahun kemudian untuk terjadi gempa lagi," ucapnya.

Untuk itu, BMKG telah memasang peralatan untuk melakukan perhitungan percepatan pergerakan tanah di sekitar Mamuju serta melakukan pemetaan sebaran kerusakan. Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan ke lapangan terhadap informasi peta guncangan.

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa Mamuju

  • Gempa Bumi