Sukses

Update Gempa Sulbar: Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 89 Orang

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terus bertambah.

Berdasarkan pencatatan data dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada Selasa (19/1/2021) pukul 15.2 WITA, jumlah korban meninggal dunia mencapai 89 orang.

"Sebanyak 78 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majane," kata Humas Basarnas Yusuf Latif dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Jumat, 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita. Gempa itu berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene.

Gempa ini juga turut dirasakan di pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju yang hanya berjarak 34 kilometer dari pusat gempa. Gempa itu menghancurkan sejumlah bangunan dan memakan banyak korban jiwa.

Hingga kini, operasi pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan. Tim SAR gabungan bahkan mengerahkan anjing pintar K9 dan alat pendeteksi kehidupan untuk mempercepat pencarian.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Jokowi

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). Dia meninjau beberapa lokasi yang terdampak gempa.

"Betul, akan meninjau beberapa lokasi gempa di kantor gubernur dan tempat pengungsian," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada merdeka.com, Selasa.

Dia mengatakan, Jokowi juga akan memberikan bantuan serta berkunjung ke rumah warga yang terdampak gempa. Dia juga akan mengunjungi para korban gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.
    Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.

    mamuju

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Majene