Sukses

Sejumlah Tenaga Kesehatan di Jakarta Sudah Suntik Vaksin Covid-19 pada 14 Januari 2021

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut diberikan kepada tenaga kesehatan yang telah melakukan registrasi ulang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan beberapa tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta sudah mulai menerima vaksinasi Covid-19.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di sejumlah rumah sakit (RS) ataupun puskesmas.

"DKI Jakarta beberapa RS dan teman-teman RS sudah berikan vaksinasi. Jadi hari ini sudah dimulai vaksinasi di beberapa RS dan puskesmas di DKI Jakarta," kata Widyastuti dalam diskusi virtual, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Dia menyebut, sejumlah RS yang telah melakukan vaksinasi misalnya RSCM, Jakarta Pusat hingga RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Vaksinasi tersebut dilakukan ke tenaga kesehatan yang telah melakukan registrasi ulang.

"Kami mengikuti aturan yang ada. Nakes yang mendapatkan kesempatan untuk divaksin mendapatkan SMS plus pemberitahuan. Kemudian teman-teman nakes akan melakukan registrasi ulang melalui aplikasi peduli," papar dia.

Selain itu, nantinya para nakes dapat memilih lokasi vaksinasi Covid-19. Apakah di dekat tempat tinggalnya atau di fasilitas pelayanan kesehatan tempatnya bekerja.

"Kita tahu teman-teman kita, baik itu dokter dan teman-teman lain meskipun kerja di Jakarta bisa jadi domisilinya tidak di Jakarta," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota akan diprioritaskan untuk para tenaga medis. Waktu pelaksanaannya dua hari setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pak Presiden tanggal 13 (Januari) besok, DKI kan rencananya tanggal 14 (Januari). Tapi banyak tokoh menyampaikan itu hari Kamis, banyak yang puasa Senin-Kamis. Jadi disepakati hari Jumat pagi," kata Riza di Balai Kota, Selasa, 12 Januari. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh yang Menerima Vaksinasi Gelombang Pertama

Kata dia, tokoh-tokoh yang dimaksud yakni ada perwakilan dari Pemprov DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Kodam hingga Forkopimda. Untuk lokasi vaksinasi akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah disediakan.

Kendati begitu, Riza enggan menyebutkan nama-nama tokoh yang akan menerima vaksinasi gelombang pertama tersebut.

"Namanya tidak perlu saya sampaikan di sini, sudah diatur jadwalnya. Tinggal mengatur tempatnya, apakah di RS, Puskesmas atau di tempat masing-masing. Kalau saran dari Menkes kan di RS," papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.