Sukses

5 Pesan Jokowi Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah disuntik vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 13 Januari 2021 kemarin.

Jokowi merupakan orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac. Ia bahkan menjadi Presiden Pertama di dunia yang melakukannya.

Usai disuntik vaksin Covid-19, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan. Salah satunya ia meminta agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Meski program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai, Jokowi menegaskan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengigatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 13 Januari 2021.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap vaksinasi yang dimulai hari ini akan lancar prosesnya. Pasalnya, hal ini sudah banyak yang menanti agar bisa segera mengakhiri pandemi Covid-19.

"Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," kata Jokowi.

Berikut rangkaian pesan Jokowi usai disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac, dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 8 halaman

Minta Masyarakat Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, meski program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga, dan tidak berkerumun.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengigatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 13 Januari 2021.

 

3 dari 8 halaman

Vaksin Covid-19 Dapat Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Selain untuk memberikan perlindungan kesehatan, Jokowi menyampaikan vaksinasi Covid-19 juga dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Vaksinasi Covid-19 ini penting untuk kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita, kesehatan, keamanan kepada kita semua masyarakat Indonesia," ucap Jokowi.

 

4 dari 8 halaman

Vaksinasi Covid-19 Akan Dilanjutkan ke Seluruh Tanah Air

Jokowi pun memastikan program vaksinasi Covid-19 akan dilakukan di seluruh Indonesia.

"Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten/kota seluruh tanah air," kata Jokowi.

Dia mengatakan, vaksinasi perdana ini dilakukan setelah vaksin buatan Sinovac mendapat Emergency Use Authorization atau izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, setelah vaksin mengantongi fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

5 dari 8 halaman

Berharap Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lancar

Jokowi lantas mengatakan, vaksinasi yang dimulai hari ini adalah ikhtiar bersama untuk terbebas dari pandemi Covid-19. Adapun, dia sendiri sudah menerima suntikan pertama vaksin.

Hal ini disampaikannya melalui akun Instagram @jokowi.

"Saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19," tulis Jokowi.

Dia berharap vaksinasi yang dimulai hari ini akan lancar prosesnya. Pasalnya, hal ini sudah banyak yang menanti agar bisa segera mengakhiri pandemi Covid-19.

"Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," kata Jokowi.

 

6 dari 8 halaman

Ucapkan Terima Kasih ke Dokter Kepresidenan

Tak lupa, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih ke dr Abdul Muthalib yang telah menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac kepadanya. Adapun Abdul Muthalib merupakan Wakil Ketua Dokter Kepresidenan.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya terima kasih Prof dr Abdul Muthalib yang menyuntikkan vaksinnya kepada saya. Terima kasih," kata Jokowi.

Dia menekankan vaksinasi Covid-19 bukan hanya upaya memutus penyebaran virus corona. Namun, juga untuk memulihkan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 ini penting untuk kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita, kesehatan, keamanan kepada kita semua masyarakat Indonesia, dan membantu percepatan pemulihan ekonomi," jelas Jokowi.

7 dari 8 halaman

Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: