Sukses

Jokowi di Malam Tahun Baru: 2020 Tahun Ujian Terberat karena Pandemi Covid

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pesan semangat kepada masyarakat Indonesia jelang malam tahun baru. Menurut dia, 2020 adalah tahun berat dalam catatan sejarah dunia karena hantaman pandemi Covid-19.

"Kita semua mencatat tahun 2020 sebagai tahun ujian yang amat berat, Pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan dunia, dan krisis perekonomian dunia yang melanda 215 negara," kata Jokowi dalam siaran daringnya, Kamis (31/12/2020).

Jokowi mencatat, total kasus positif Covid-19 dunia mencapai 82 juta orang, dengan angka kematian 1,8 juta jiwa. Selain itu, banyak orang kehilangan pekerjaan, kehilangan nafkah yang membuat 2020 menjadi krisis terberat dalam sejarah dunia.

"Bangsa kita juga tak luput cobaan, tak mudah, ujian amat berat, tapi kita harus bersyukur alhamdulillah kita mampu menghadapi dengan ketegaran, kita tetap bisa tegak menjalani roda kehidupan," ujar Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Yakin

Jokowi meyakini, bangsa Indonesia mampu beradaptasi dengan cara baru agar wabah bisa diatasi dan masalah ekonomi terselesaikan satu demi satu.

"Memasuki 2021, saya yakin negara kita mampu bangkit dan melakukan banyak invoasi, pemulihan ekonomi, setahap demi setahap telah membaik, dan itu mulai terasa di quartal ke 3 dan 4 tahun 2020," Jokowi menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: