Sukses

Longsor di Cicalengka Kabupaten Bandung, 3 Rumah Warga Terdampak

Liputan6.com, Jakarta Longsor terjadi di Kampung Pacinan, RT 03 RW 04, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat sore (25/12/2020), sekira pukul 15.33 WIB.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, ada tiga rumah warga yang terdampak longsor, di antaranya adalah milik Sukarto dengan anggota keluarga berjumlah 3 jiwa, Heni berjumlah 4 anggota keluarga dan Iwan berjumlah 3 anggota keluar termasuk 1 bayi.

Petugas Data Informasi BPBD Kabupaten Bandung, Erwin Nurdiansyah menyampaikan, longsoran tersebut menimpa anak Sungai Pacinan, sehingga air meluap lalu merendam rumah warga. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Diketahui, longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas deras mengguyur wilayah tersebut. Adapun, personil BPBD Kabupaten Bandung telah melakukan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa beserta relawan setempat.

"Akan dikerjabaktikan besok pagi bersama pihak desa dan masyarakat," ungkap Erwin.

"Untuk sekarang dari BPBD sudah di-assesment dan mengirimkan bantuan seperti pacul, sekop, karung, balicong terpal kebutuhan darurat," tandas Erwin.

 

2 dari 3 halaman

Longsor Lembang

Sebelumnya, longsor juga terjadi di daerah Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (24/12/2020). Diketahui, terdapat satu korban jiwa dalam bencana tersebut.

Tim SAR gabungan menemukan jasad Dedi Rohendi (43), korban yang tertimbun material longsor malam tadi, Jumat (25/12/2020), sekitar pukul 18.39 WIB.

Adapun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan seluruh masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan yang dapat di sertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Indramayu, Pangandaran, Bandung, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar pada siang atau sore hingga malam hari selama tujuh hari mendatang. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: