Sukses

Misa Natal 2020 di Katedral Jakarta Berjalan Lancar dan Khidmat

Katedral juga menggelar ibadah Natal secara tatap muka, namun jumlahnya dibatasi yakni, hanya 20 persen atau 309 kursi dari total kapasitas gereja.

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah misa Hari Raya Natal 2020 di Gereja Katedral Jakarta berjalan lancar dan khidmat, meski digelar secara terbatas karena pandemi Covid-19. Adapun ibadah Misa di Katedral berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (25/12/2020).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com melalui Youtube Komsos Katedral Jakarta, prosesi misa dipimpin oleh Romo Yohanes Maryana SJ. Ibadat dan perayaan Natal di Katedral tahun ini dilakukan secara online dan offline.

Hal ini guna membatasi jumlah umat yang datang ke gereja dan mencegah penularan Covid-19.

Dalam ibadah secara tatap muka, jumlahnya dibatasi yakni hanya 20 persen atau 309 kursi dari total kapasitas gereja.

Mereka juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker dari rumah hingga ke tempat ibadah serta menjaga jarak aman. Selain itu, waktu pelaksanaan misa Natal dibatasi.

Jika sebelum pandemi Covid-19 pelaksanaan misa sampai dua jam, kini hanya maksimal satu jam. Pengurangan waktu misa Natal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita juga memastikan para pelayan peribadatan bebas Covid-19 dengan tes yang ada," kata Sekjen Keuskupan Agung Jakarta, Romo Vincentius Adi Prasojo di di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ucapkan Selamat Natal

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Natal 2020 kepada umat Kristiani. Jokowi menyadari bahwa perayaan Natal tahun ini berbeda dari sebelumnya karena di tengah pandemi Covid-19.

"Hari Natal tahun ini tidak seperti tahun-tahun lalu ketika keceriaan dan keriaan akhir tahun menyelimuti kehidupan negeri kita," ujar Jokowi melalui akun twitternya @jokowi, Jumat (25/12/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan sejumlah negara lainnya memberikan banyak pelajaran baru. Kendati begitu, Jokowi berharap Hari Natal 2020 dapat memberikan kedamaian untuk masyarakat.

"Semoga kedamaian, keselamatan, dan keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita semua," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.