Sukses

Polda Metro Jaya Prioritaskan Pengamanan di 136 Gereja Saat Perayaan Natal 2020

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menerjunkan personel operasi pengamanan Hari Raya Natal 2020 di 1.635 gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, terdapat 136 gereja yang mendapatkan pengamanan prioritas pada perayaan Natal tahun ini.

"Malam ini baru saja disampaikan Pak Kapolda, beberapa tempat 1.635 gereja yang kita amankan, ada beberapa gereja menjadi skala prioritas, ada sekitar 136 prioritas gereja," ujar Yusri di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

Dia menjelaskan, 136 tempat ibadah umat kristiani itu mendapatkan skala prioritas lantaran termasuk kategori gereja besar. Hal ini dilihat dari jumlah jemaat yang melakukan peribadatan di gereja tersebut.

"Misalnya gereja itu memang gereja besar, tetapi sudah ada aturan dari Kementerian Agama, dari pemerintah provinsi, dan teman-teman saudara dari gereja sudah mengerti yang biasanya 2.000 mereka menerima jemaat cuma 200," papar Yusri.

 

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Demi keamanan, para jemaat yang hendak memasuki gereja-gereja tersebut harus menggunakan barcode khusus.

Selain menjaga keamanan, kepolisian juga akan mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di gereja-geraja saat perayaan Natal 2020.

"Jadi enggak mudah memang. Physical distancing protokol kesehatan tetap dilaksanakan 3M. Ini yang kemudian dilakukan patroli oleh teman dari TNI-Polri maupun Pemprov untuk langsung mengecek ke gereja-gereja tersebut," kata Yusri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: