Sukses

Malam Natal, TNI-Polri Gelar Patroli Skala Besar di Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman melepas personel untuk patroli berskala besar dalam mengamankan ibadah misa Natal 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman melepas personel untuk patroli berskala besar dalam mengamankan ibadah misa Natal 2020.

"Sore ini patroli skala besar gabungan Kodam Jaya Jayakarta, PMJ, Satpol PP dan Dishub melaksanakan patroli pengamanan perayaan kebaktian missa natal," ujar Fadil saat acara pelepasan patroli di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/12/2020).

Personel patroli ini juga akan turut melaksanakan operasi kemanusian seperti penyemprotan disinfektan di seluruh gereja yang melaksanakan misa Natal.

Fadil menyebutkan, ada dua kelompok besar yang disiapkan dalam patroli skala besar ini. Pertama dilaksanakan tingkat Polda Metro Jaya dan kedua patroli skala besar di tingkat polres.

"Jadi masing-masing kapolres, dandim, beserta unsur Kota Madya juga akan laksanakan patroli sama-sama," jelasnya.

Adapun personel yang dikerahkan dalam partroli ini yaitu 300 orang, masing-masing dari Polda Metro Jaya 100 personel, Kodam Jaya 100 personel, dan sisanya dari Pemprov DKI Jakarta.

"Mudah-mudaham kegiatan patroli ini bisa memberikan rasa aman kepada saudara -saudara kita yang akan melaksanakan misa natal kebaktian natal malam ini," kata Fadil.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berharap perayaan Natal di Ibu Kota berlangsung aman dan nyaman. Dia membuka pelepasan dengan mengucapkan bismillah.

"Melaksanakan patroli bersama untuk menjaga keamanan dan keselamatan dalam rangka Natal dan Tahun Baru untuk memberi kenyamanan saudara-saudara kita yang merayakan. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, semoga apa yang akan kita lakukan bersama mendapat rida Tuhan," ujar Dudung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8.779 Personel Gabungan untuk Malam Natal

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan 8.779 personel gabungan antara TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi Jakarta untuk mengamankan malam hari raya Natal pada Kamis (24/12/2020).

"Kekuatan personel 8.779 yang kita turunkan gabungan TNI dalam hal ini Kodam Jaya, kemudian Polda Metro Jaya, serta pemerintah provinsi mulai dari dishub dan Satpol PP ini sudah langsung menyebar ke beberapa titik-titik yang memang akan disiapkan pengamanan selama Operasi Lilin Jaya 2020," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis.

Sementara untuk kegiatan ibadah Natal, kata Yusri, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadail Imran telah mengintruksikan pengamanan terhadap 1.635 gereja.

"Yang kedua malam ini baru saja disampaikan pak Kapolda beberapa tempat 1.635 gereja yang kita amankan ada dan beberapa gereja menjadi skala prioritas ada sekitar 136 prioritas skala gereja," ujar Yusri.

"Kenapa? Misalnya gereja itu memang gereja besar tetapi sudah ada aturan dari Kementerian Agama dari Pemerintah Provinsi dan teman-teman sodara dari gereja sudah mengerti yang biasanya 2.000 mereka menerima jemaat cuma 200 sisanya melalui virtual," tambah dia.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.