Sukses

PMI Kota Tangerang Layani Pendistribusian Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Layanan ini diadakan untuk membantu para pasien Covid-19 yang masih dirawat di Rumah Sakit wilayah Kota Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang membuka layanan donor plasma darah. Hal ini sebagai langkah untuk membantu pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan menjelaskan, donor plasma darah ini hanya dapat dilakukan oleh pasien Covid-19 yang telah sembuh."Yang sudah sembuh dari Covid-19, bisa mendonorkan plasma darahnya di PMI Kota Tangerang," ujar Ade, Senin (21/12/2020).

Layanan ini diadakan untuk membantu para pasien Covid-19 yang masih dirawat di Rumah Sakit wilayah Kota Tangerang. Khususnya, penderita Covid-19 yang sudah masuk golongan penderita berat ataupun ada penyakit penyerta.

"Sementara ini, kami sudah mulai mendistribusikan hasil donor plasma darah ke RS mana pun. Hal ini dikarenakan, layanan donor plasma darah sudah dilakukan beberapa hari yang lalu di PMI Kota Tangerang," kata Ade.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru 9 Pendonor

Namun, hingga saat ini, hambatan yang dirasa adalah masih sedikitnya pendonor plasma konvalesen. Terhitung, hingga saat ini, total baru 9 pendonor plasma darah di PMI Kota Tangerang.

"Hari ini ada tiga (pendonor), dua hari yang lalu ada enam. Saya berharap, warga Kota Tangerang yang sudah sembuh dari Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya," papar Ade.

Untuk menyiasati minimnya pendonor plasma darah yang ada, PMI Kota Tangerang hendak menjalin kerja sama dengan RS di wilayah Kota Tangerang yang memiliki pasien Covid-19.

"Bagi yang mau mendonor, layanan dibuka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 22.00. Kalau untuk pendistribusiannya sendiri, itu akan berlangsung selama 24 jam bila ada yang meminta," kata Ade. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.