Sukses

Gelar Swab Test Massal di Taman Rafflesia Bekasi, BIN Kerahkan 35 Tenaga Medis

BIN menyediakan 250 kuota untuk mengakomodir warga di kompleks Taman Rafflesia mengikuti Swab tes.

Liputan6.com, Bekasi - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar Swab test massal di Perumahan Taman Rafflesia, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/12/2020). Swab test massal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19 di klaster perumahan.

Koordinator Lapangan Mobile Laboraturium BIN, Kolonel Budi Santoso mengungkapkan tes swab massal tersebut merupakan arahan dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. Dari tes tersebut diharapkan dapat menekan penyebaran virus asal Wuhan, China itu. 

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan Swab test massal di kompelks perumahan taman Rafflesia. Tujuannya untuk melakukan tracing,” kata Kolonel Inf Budi Santoso, Selasa (1/12/2020).

Adapun BIN menyediakan 250 kuota untuk mengakomodir warga di kompleks Taman Rafflesia mengikuti Swab tes. Selain itu, dihadirkan 2 unit Mobile lab dikerahkan untuk mengekstraksi Swab test ini.

Kita juga kerahkan 35 tenaga medis terdiri dari dokter, analis dan relawan,” ucapnya.

Dia menambahkan pelaksanaan Swab test di kompleks ini karena ditemukan adanya warga positif COVID-19 berdasarkan laporan Dinkes terkait. Dengan swab test ini diharapkan dapat mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas.

"Dan ini yang lebih penting lagi protokol kesehatan. Jaga jarak, jangan lepas masker dan rajinlah untuk mencuci tangan. Kita tidak bisa bekerja sendiri, masyarakat juga harus membantu dengan disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya.

 

Saksikan Vodeo Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbantu dengan Swab Test Gratis

Sementara itu, Lurah Jatimulya, Fickry Fauzi A.D mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan oleh BIN. Menurut Fauzi, langkah BIN melakukan test ini cukup membantu untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

"Terima kasih untuk kepala BIN, kita sangat terbantu dengan adanya Swab test ini. Semuanya gratis, kita cuka sediakan lapangan saja. Alhamdulilah ini sangat membantu kami,” ujarnya.

Fauzi berharap agar Swab test ini juga bisa berlanjut di lokasi lain di wilayahnya. Sebab, angka kasus positif COVID-19 di Jatimulya meningkat.

"Harapan saya tentunya bisa berlanjut untuk test lagi di lokasi lain. Karena ini kasusnya meningkat pak,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.