Sukses

Kronologi Rizieq Shihab Tinggalkan RS Ummi Bogor Lewat Pintu Belakang Versi Polisi

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab dikabarkan kabur dari RS Ummi Bogor. Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser mengatakan Rizieq Shihab meninggalkan rumah sakit pukul 20.50 WIB, Sabtu, 28 November 2020,  melalui pintu belakang rumah sakit.

"MRS (Rizieq) telah meninggalkan RS UMMI sekitar pukul 20.50 WIB melalui pintu belakang, diduga melalui gudang obat RS UMMI," ujar Hendri, dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Hendri mengatakan, polisi mengetahui kaburnya Rizieq dari petugas keamanan RS Ummi. Dia mengatakan, setelah petugas RS Ummi mengecek keberadaan Rizieq di ruang perawatan, habib itu sudah tidak ada di tempat.

"Namun, petugas tidak mengetahui menggunakan kendaraan yang digunakan, setelah dicek oleh sekuriti pada pukul 21.45 WIB bahwa keduanya telah meninggalkan kamar rumah sakit," kata Hendri.

Kepolisian pun langsung mengumpulkan barang bukti dan keterangan kaburnya Rizieq Shihab dari RS Ummi.

"Sekira pukul 21.50 WIB, telah dilaksanakan Pulbaket keberadaan MRS di RS UMMI Bogor Selatan," kata dia.

2 dari 3 halaman

Kata FPI

Ketua PA 212, Slamet Maarif, mengatakan Rizieq Shihab keluar rumah sakit sesuai prosedur alias tidak kabur.  Dia mengklaim, Rizieq meninggalkan RS Ummi atas izin dokter. 

"Alhamdulillah, IB-HRS sudah keluar dari RS UMMI dalam keadaan sehat walafiyat. Sudah boleh pulang oleh dokter, ya pulang. Masak kabur," kata Slamet saat dihubungi Merdeka, Minggu (29/11/2020).

Slamet mengatakan, pihak Rizieq sengaja tidak memberi tahu masyarakat tentang kepulangan tersebut. Jika diumumkan, dia khawatir, simpatisan Rizieq Shihab akan berkumpul.

"Kalau mau keluar diumumin ntar umat datang ramai," ungkap Slamet.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: