Sukses

6 Hal Terkait Rizieq Shihab yang Dikabarkan Sakit Usai Acara di Petamburan

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono yang pada Sabtu, 21 November 2020 malam mengunjungi kediaman Rizieq Shihab, tapi tidak bisa bertemu lantaran Rizieq Shihab sedang sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah beristirahat di kediamannya di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, usai mengadakan sejumlah acara setiba di Tanah Air.

Usai menggelar acara yang dihadiri oleh simpatisannya, Rizieq Shihab dikabarkan sakit.

Kabar tersebut diungkapkan Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono yang pada Sabtu, 21 November 2020 malam saat mengunjungi kediaman Rizieq Shihab. Namun, dia tidak bisa bertemu Rizieq lantaran Rizieq Shihab sedang sakit.

Dia pun meminta Rizieq Shihab untuk melakukan tes swab lantaran sakit usai menggelar kerumunan beberapa hari yang lalu. Saran itu, kata Margiyono, diterima oleh pihak Rizieq, meski belum diketahui kapan akan tes.

"Belum ada jadwal itu, ya menerima saran kami cuman kapannya gitu atau mau atau tidak ya kami belum bisa belum ada jawaban," ujar Margiyono, Minggu, 22 November 2020.

Mengetahui hal tersebut, Margiyono pun akan menggandeng Dinas Kesehatan DKI Jakarta agar bisa melakukan tes usap Covid-19 ke keluarga Rizieq Shihab.

Dia menuturkan, hal ini dilakukan sebagai upaya tracking dalam menekan penyebaran Covid-19. Sehingga, wajar jika keluarga dan Rizieq Shihab sendiri dilakukan tes tersebut.

Berikut 6 hal terkait Rizieq Shihab yang dikabarkan sakit setelah sampai di Indonesia dan mengadakan beberapa acara di kediamannya di Petamburan dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Berawal dari Kunjungan Kanit Patroli Polsek Tanah Abang

Usai menggelar sejumlah acara usai kepulangannya dari Arab Saudi, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan tengah sakit.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono mengatakan, pihaknya bersama sejumlah elemen keamanan lain mengunjungi kediaman Rizieq Shihab, Sabtu malam, 21 November 2020. Kedatangannya ke sana tak ditemui langsung oleh pimpinan FPI itu.

"Jadi begini saya beserta tiga pilar dari kepolisian dan koramil dengan Satpol PP dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa baru saja mendatangi rumah beliau. Karena kan sekarang ini yang beredar kan Pak Habib nih sakit nih kami ke sana. Tetapi tidak bisa langsung ketemu dengan beliau. Kami ketemu dengan salah satu petugas yang ada di situ, yaitu Ustaz Yono," terang Margiyono, Minggu, 22 November 2020.

 

3 dari 8 halaman

Tengah Isolasi Mandiri?

Saat berada di kediamannya itu, menurut Margiyono, pihaknya pun meminta Rizieq Shihab untuk melakukan swab test lantaran sakit usai menggelar kerumunan beberapa hari yang lalu. Saran itu, kata Margiyono, diterima oleh pihak Rizieq, tapi belum pasti akan kapan dilakukan.

"Belum ada jadwal itu, ya menerima saran kami cuma kapannya gitu atau mau atau tidak ya kami belum bisa belum ada jawaban," kata dia.

Margiyono menerangkan bahwa pihak Rizieq yang ditemui tak menyebut bahwa pimpinan FPI itu tengah isolasi mandiri. Akan tetapi, hanya mengatakan sedang beristirahat.

"Enggak, enggak ada (isolasi mandiri). Dari keterangan dari dalam bahwa beliaunya lagi istirahat. Jadi tidak menerangkan bahwa Beliau isolasi mandiri tidak. Keterangannya mereka atau Beliau itu sedang istirahat, sedang tidak bisa menerima tamu," sebut Margiyono.

Ia tak tahu pasti sampai kapan Rizieq akan beristirahat.

"Tidak ada keterangan seperti itu, enggak ada," kata dia.

 

4 dari 8 halaman

Gandeng Dinkes DKI Tes Keluarga

Margiyono menyatakan akan menggandeng Dinas Kesehatan DKI Jakarta agar bisa melakukan tes usap (swab test) Covid-19 pada keluarga Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Iya (akan kerja sama dengan Dikes setempat)," kata Margiyono.

Dia menuturkan, hal ini dilakukan sebagai upaya tracking dalam menekan penyebaran Covid-19. Sehingga, wajar jika keluarga dan Rizieq Shihab sendiri dilakukan tes tersebut.

"Karena kan, kita namanya, itu kan berlaku kepada siapa saja ya. Orang yang diduga atau orang yang pernah bertemu dengan bapak orang akan diadakan tracing kan. Apalagi ini Lurah Petamburan, Sekel (Sekretaris Kelurahan), kemudian Satpol PP-nya, semua sudah terpapar," ungkap Margiyono.

Dia juga mengingatkan, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, sudah menjadi kewajiban bagi puskesmas setempat untuk melakukan pemeriksaan kepada keluarga Rizieq Shihab.

"Jadi kan ada kewajiban dari pihak puskesmas untuk tracing beliau dan keluarganya. Itu kan sekarang ini, Kelurahan Petamburan kan sangat dekat dan pada saat pelaksanaan kegiatan itu kan memang, Beliau itu kan ada di lokasi gitu," kata Margiyono.

 

5 dari 8 halaman

80 Orang yang Hadir Acara Rizieq Shihab Positif Covid 19

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengatakan, 80 orang yang hadir dalam acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, positf Covid-19.

Dia menuturkan, rinciannya adalah, 50 orang dinyatakan positif bagi yang hadir di Tebet, dan 30 yang hadir dalam acara Rizieq Shihab yang digelar di Petamburan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Labkesda 21 November 2020 ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus," kata Budi, dalam konferensi pers, Minggu, 22 November 2020

Sementara, untuk acara di Megamendung, Jawa Barat, belum menunjukkan hasil. Menurut Budi, saat ini, ada 15 orang yang hadir di acara Rizieq Shihab di Megamendung, masih menunggu hasil pemeriksaan.

"Di Megamendung terdapat 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan," jelas Budi.

 

6 dari 8 halaman

Imbau yang Ikut Kerumunan Lakukan Isolasi Mandiri

Budi mengimbau, massa yang telah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 di kerumunan acara Rizieq Shihab segera mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

Pesan serupa tidak hanya disampaikan kepada massa kerumunan di Tebet, Petamburan dan Megamendung, tapi juga saat penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten.

Jika muncul gejala Covid-19, seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta hilang indra penciuman dan perasa, Budi meminta segera mendatangi fasilitas kesehatan.

"Kunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap atau PCR test," kata Budi.

 

7 dari 8 halaman

Rizieq Shihab Akan Tes Usap Mandiri

Rizieq Shihab disebut akan menjalani tes usap (swab test) Covid-19 secara mandiri. Dia sempat dikabarkan sakit setelah menghadiri sejumlah kegiatan yang memicu kerumunan massa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto membenarkan kabar itu, setelah perwakilannya menemui Rizieq Shihab di kediamannya Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

"Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri," ujar Heru dikutip dari Antara, Senin (23/11/2020).

Heru mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat telah dikirim untuk mengimbau Rizieq Shihab dan keluarga agar menjalani tes usap Covid-19 pada Sabtu 21November 2020.

Hal itu dilakukan setelah mendapat info Pemimpin FPI itu sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar Covid-19.

Namun, Rizieq Shihab tidak dapat ditemui dengan alasan tengah beristirahat dan tidak menerima tamu, sehingga pihak kepolisian hanya mengimbau dia lewat utusannya dari depan pagar rumah.

Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap Covid-19 secara mandiri, tanpa fasilitas dari pemerintah.

 

8 dari 8 halaman

FPI Sebut Rizieq Shihab Sehat

Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengatakan, kondisi Rizieq Shibab sejauh ini sehat. Namun, memang tidak mau bertemu dengan banyak orang.

Menurut dia, semua orang harus menghormati sikap Rizieq Shihab ini. Karena itu bagian dari privasinya.

"Beliau sehat, tapi memang tidak mau ketemu orang dulu. Karena itu kan bagian dari privasi lah, jadi kita hormati," kata Aziz saat dihubungi merdeka.com, Minggu, 22 November 2020.

Soal wacana Rizieq Shihab akan dilakukan tes usap Covid-19, dia tak bisa menjelaskannya, karena itu bagian dari pribadi dan keluarganya. Namun, dari kacamata FPI, tes usap atau swab test itu adalah hak, sehingga tak boleh dipaksa.

"Tapi kalau dari kita, dari FPI kita memandang bahwa tes swab itu kan hak. Jadi tidak bisa orang untuk dipaksa-paksa. Apalagi FPI punya tim dari HILMI, ada Mer-C, gitu kan. Jadi kita bisa tes swab sendiri gitu," jelas Aziz.

Karena itu, dia meminta pemerintah untuk mengistimewakan pihaknya. Karena, dipandangnya masih ada yang memerlukan bantuan saat pandemi Covid-19 ini.

"Jadi tak perlu kita diistimewakan untuk tes swab gratis atau apalah. Karena yang urgen untuk Tim Gugus Covid-19 itu harusnya salah satunya di Mabes Polri di mana tahanan-tahanan itu diduga terkena Covid-19," jelas Aziz.

 

(Fifiyanti Abdurahman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.