Sukses

Dibantu Alat Berat, BPBD Buka Jalur Tertutup Longsor di Cianjur

BPBD Cianjur mengatakan puluhan petugas gabungan, dibantu alat berat dan lima unit dum truk, berupaya maksimal untuk menyingkirkan material longsor.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) Cianjur dan Provinsi Jawa Barat berhasil membuka jalan yang tertutup longsor di Kecamatan Sukanagara berbatasan dengan Kecamatan Pagelaran yang tertutup longsor, Jumat, 20 November 2020 kemarin. Arus kendaraan dapat kembali melintas meski satu arah. 

Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan mengatakan puluhan petugas gabungan, dibantu alat berat dan lima unit dum truk, berupaya maksimal untuk menyingkirkan material longsor bercampur pohon besar, agar kendaraan dapat melintas kembali secara normal dari kedua arah.

Namun, upaya tersebut terkendala dengan tebal dan panjangnya longsoran.

"Menjelang sore arus kendaraan sudah dapat melintas secara bergantian, petugas masih berupaya menyingkirkan material longsor dan pohon berbagai ukuran yang tumbang terbawa longsoran. Rencana akan ditambah satu alat berat dari PUPR Cianjur, agar proses menyingkirkan material dapat lebih cepat dilakukan," katanya, Sabtu (21/11/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Orang Tewas, 2 Terluka

Selain menyingkirkan material longsor, pihaknya juga memastikan tidak ada jasad atau tubuh pengendara yang tertimbun seperti yang dilaporkan warga saat kejadian.

Longsor yang melanda Cianjur mengakibatkan satu orang tewas. Sementara, dua korban luka akibat terseret longsoran, disebut Irfan telah mendapatkan perawatan medis. 

Dia mengaku pihaknya kini tengah fokus menyingkirkan material longsor yang masih menutup sebagian badan jalan utama penghubung Cianjur menuju selatan. Tepatnya di Cadas Hideung, Desa Sukarame.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.