Sukses

Jokowi Mengaku Dilarang Gibran Pulang Kampung Selama Pilkada Solo

Jokowi mengaku hanya pulang sekali ke kampung halamannya selama pelaksanaan Pilkada Solo.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengaku dilarang putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah selama Pilkada Solo 2020. Gibran yang merupakan calon Walikota Solo tak mau kehadiran Jokowi dikaitkan dengan bentuk dukungan atau kampanye terselubung.

"Ya salah satunya itu dia (Gibran) ngomong seperti itu ya, 'Bapak tidak usah ke Solo dulu'," ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif bersama Rosiana Silalahi dilihat di Kompas TV, Selasa (17/11/2020).

Dia pun mengikuti permintaan Gibran. Jokowi mengatakan dirinya hanya pulang sekali ke kampung halamannya selama pelaksanaan Pilkada Solo.

Mantan Walikota Solo itu pergi ke untuk ziarah ke makam ibundanya. Namun, Jokowi langsung kembali ke Yogyakarta dan tak bermalam di Solo.

"Selama ada Pilkada di Solo, saya pulang sekali dan itu malam saya hanya nyekar saja ke orang tua. Kemudian, malam itu juga saya kembali ke lagi dan nginepnya di Yogyakarta, tidak di Solo. Untuk menjaga itu, suara-suara yang disampaikan tadi," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hak Warga Negara

Jokowi menegaskan tak pernah memaksakan anaknya untuk terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Menurut dia, setiap warga negara memiliki hak untuk masuk ke politik.

"Saya tidak pernah memaksakan kepada anak saya untuk mengikuti saya atau termasuk ke terjun ke politik. Tidak ada, itu hak politis setiap warga negara. Hak politis, termasuk anak saya memiliki hak politis," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.