Sukses

Anies Pilih Fokus Pantau Mobilitas Warga untuk Tangani Covid-19 di DKI Jakarta

Gubernur DKI Anies Baswedan tak ambil pusing soal zona warna yang membagi wilayah rawan Covid-19 dalam menangani penyakit akibat virus Corona itu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan tak ambil pusing soal zona warna yang membagi wilayah rawan Covid-19 dalam menangani penyakit akibat virus Corona itu. Dia memilih konsentrasi pada mobilitas warga di Jakarta.

"Saya bilang tidak fokus dengan warna karena di Jakarta mobilitas penduduknya lintas wilayah. Pagi tinggal di Jakarta Timur, siangnya bekerja di Jakarta Barat, malamnya berkegiatan di Jakarta Pusat. Jadi orang itu mobilitasnya tinggi," kata Anies saat ditemui di Kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat 6 November 2020.

Anies meyakini, penanganan penyebaran Covid-19 di DKI dengan pemantauan mobilitas lebih relevan. Sebab, kategorisasi wilayah dengan zona warna lebih tepat jika pergerakan warga terpusat hanya di satu wilayah.

"Kalau berada di wilayah yang pagi, siang, sore, malam ada di satu wilayah yang sama itu relevan (warna), Jakarta tidak bisa dilihat per masing-masing wilayah. Bahkan Jabodetabek secara keseluruhan," terang Anies soal penanganan Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Berarti Kendur

Meski demikian, Anies mewanti, ini bukan lampu hijau untuk mengendurkan kepatuhan protokol kesehatan. Sebab, melihat angka penambahan jumlah kasus dan pasien meninggal dunia setiap harinya, DKI masih menjadi yang tertinggi di nasional.

"Jadi ini belum terkendali ya (Covid-19 di Jakarta)," Anies menandasi.

Penambahan jumlah kasus baru di DKI hingga kemarin adalah 672 orang, pasien sembuh sebanyak 1.024 orang, dan pasien meninggal total 18 jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19