Sukses

Tutup Sespimti, Kapolri: Jadilah Agent of Change dan Jaga Moral Institusi

Ia meminta seluruh peserta didik yang telah lulus ini terus menguatkan organisasi Polri ke depan agar semakin baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis yang diwakilkan oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Gatot Eddy Pramono bersama Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Joni Supriyanto menutup Pendidikan (Tupdik) Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020 di Gedung Utaryo Suryawinata Sespim Lemdiklat Polri, Kamis (22/10/2020).

Melalui virtual Zoom, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono membacakan sambutan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh peserta didik Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020 yang telah lulus melaksanakan pendidikannya.

Pada kesempatan tersebut Kapolri mengucapkan selamat atas kelulusan 86 Serdik Sespimti Dikreg Ke-29 yang terdiri dari 68 Serdik Polri dan 17 Serdik dari TNI AU, AL dan AD. Termasuk juga kepada seluruh Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020. Seluruhnya berhasil lulus dengan hasil yang sangat baik.

"Saya selaku pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik yang telah berhasil lulus. Saya juga ucapkan terima kasih setinggi-tingginya pada Kalemdiklat Polri dan seluruh staf yang mendukung suksesnya penyelenggaraaan pendidikan ini," ucap Komjen Gatot Eddy membacakan sambutan Kapolri.

"Kita ketahui bersama pandemi Covid 19 masih terus melanda. Saya terus mengikuti perkembangan pendidikan di lingkungan Polri agar tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 sesuai dengan amanah Presiden. Saya apresisasi pendidikan masih tetap berjalan lancar selama Covid-19 sehingga tak ada klaster penyebaran," imbuh dia.

Kapolri juga memberikan arahan kepada seluruh peserta didik yang telah berhasil menyelesiakan pendidikannya dengan sangat baik. Ia meminta seluruh peserta didik yang telah lulus ini terus menguatkan organisasi Polri ke depan agar semakin baik. Dan juga selalu siap untuk ditempatkan dimana pun dengan tugas baru. Ia berpesan ada 2 tantangan yang dihadapi saat ini.

"Dua tantangan yang harus dihadapi, yakni penanganan Covid-19 bersama pemulihan nasional dan Pilkada Serentak. Presiden menaruh harapan besar, TNI-Polri sebagai garda terdepan menjaga kebijakan pemerintah sebaik-baiknya dalam penanganan Covid-19. Termasuk juga menjaga netralitas dalam proses Pilkada Serentak," jelas Idham Azis.

Kapolri juga berpesan agar seluruh Serdik yang lulus nantinya bisa menjadi agen perubahan dalam mengemban tugas institusi Polri.

"Saya berharap rekan-rekan menjadi agent of change, bukan agen yang kasak kusuk. Saya mengajak rekan-rekan wajib menjaga moral institusi. Anggota jadikan teman dan sahabat. Jangan pasang jarak. Tidak ada komandan yangg hebat, tapi hebat dalam menata anggota. Jadilah pemimpin yang memiliki komitmen dan bangun motivasi anggota. Satu keteladanan lebih baik dari 1.000 nasihat," tegas Kapolri.

"Tingkatkan sinergi dengan TNI, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat. Polri tidak bisa kerja sendiri, perlu kerja sama dengan pihak terkait. Dalam pilkada netralitas polri tak bisa ditawar. Bijaklah dalam sosial media dan jangan hidup mewah dan hedonis. Tanamkan motivasi untuk bangsa dan negara," sambung Idham Azis.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaga Integritas Individu dan Institusi

Selanjutnya di ujung sambutannya, Idham Azis berharap agar para peserta didik yang dilantik agar bisa menjaga integritas secara individu maupun institusi masing-masing setelah bertugas nanti. Mampu menjaga komunikasi dan hubungan di kesatuan masing-masing.

"Salam hormat pada pimpinan institusi Anda. Baik itu di TNI, Kejaksaan maupun mancanegara. Jaga ibu-ibu Bhayangkari yang sudah mendampingi saudara-saudara sekalian. Merekalah yang sudah memberi motivasi dan semangat, sehingga bisa seperti ini. Karena nantinya mereka yang akan terus menemani saudara," tutup Idham Azis.

Setelah penutupan, selanjutnya dilaksanakan upacara penyerahan penghargaan kepada 7 peserta didik Sespimti Polri Dikreg ke-29 dan juga 7 peserta didik Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.