Sukses

Bagikan Sembako, Sabam Ingatkan Peran Pemuda dan Warga Jaga Persatuan

Sabam menggunakan video call untuk berkomunikasi dengan warga sebab di tengah pandemi harus menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Peran pemuda dalam pembangunan karakter bangsa ke depan sangatlah penting. Karena itu, pemuda harus terus mengobarkan semangat dalam membangun peradaban bangsa ke arah yang lebih baik.

"Peranan pemuda sangat penting dalam menentukan arah perjalanan bangsa ini," kata senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta yang juga anggota MPR RI paling senior, Sabam Sirait, saat berbagi ribuan paket sembilan bahan pokok (Sembako) kepada 13 komunitas atau kelompok masyarakat di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Mereka adalah masyarakat Cempaka Putih, komunitas sopir angkot KWK, Komunitas Indonesia Timur di Jakarta, Komunitas Bakti Jakarta Utara, masyarakat Cawang, Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara di Jakarta, masyarakat Pancaoran, masyarakat Cipinang, sekolah sepakbola (SSB Taruna Merah Putih (TMP), jemaat HKBP Sutoyo, masyarakat Cililitan, masyarakat Duri Kepa serta Relawan Sabam Sirait.

Dalam kesempatan ini, Sabam menggunakan video call untuk berkomunikasi dengan warga sebab di tengah pandemi harus menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Dalam kesempatan ini, Sabam meminta pemuda dan warga Jakarta untuk mengambil peranan dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu sesuai dengan cita-cita pemuda pada zaman kolonial.

Sabam kembali mengingatkan bahwa Sumpah Pemuda adalah suatu titik bangsa ketika nama Indonesia mulai dikukuhkan dan tingkatan kebangsaan tidak lagi didefinisikan berdasarkan kesamaan etnis dan agama. Namun lebih kepada dasar kesamaan basis moral dan cita cita bersama.

"Pemuda harus memaknai Sumpah Pemuda ini sebagai upaya merajut kebersamaan di antara sesama suku bangsa. Kita harus bersatu dalam bingkai NKRI," kata Sabam.

Jesika, perwakilan dari Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara yang ada di Jakarta, menegaskan bahwa mahasiswa akan memperkuat terus rasa nasionalisme. Apalagi masa depan bangsa Indonesia akan sangat ditentukan oleh peran pemuda dan mahasiswa saat ini.

"Kita akan terus menjaga dan merawat NKRI. Dan kita minta kepada siapa pun untuk merusak Indonesia dengan sentimen-sentimen suku, agama dan ras," kata Jesika.

Wahyudi, dari sekolah sepakbola Taruna Merah Putih (SSB TMP), mengatakan bahwa anak-anak muda siap meneruskan cita-cita Sumpah Pemuda dan akan pasti akan setia dengan Pancasila.

"Kita juga akan terus mengukir prestasi demi bangsa sebagaimana pesan Pak Sabam," jelas Wahyudi.

Perwakilan Komunitas Indonesia Timur, Magda, juga memastikan akan terus mengingat dan menjalankan pesan Sabam Sirait untuk menjaga Pancasila dan NKRI.

"Sebagaimana kata Pak Sabam, kita akan mencintai dengan sepenuh hati," jelas Magda.

Sementara itu, Kessie, dari perwakilan masyarakat Cililitan sangat senang dengan bantuan sembako dari Sabam. Bantuan sembako ini sangat bermafaat bagi warganya.

"Ini bentuk kepedulian Pak Sabam yang kami terima dengan penuh kegembiraan," ungkapnya.

Sedangkan Vani, perwakilan masyarakat Cempaka Putih, sangat berterima kasih atas bantuan sembako Sabam Sirait. Ia pun menilai bahwa bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga di Cempaka Putih. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat kecil menjadi semakin kesusaham dan kekurangan.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan Pak Sabam," kata Vani, sambil mendoakan dan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Sabam Sirait yang ke-84 tahun.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu Kedepankan Kemanusiaan

Hal senada disampaikan Natal, yang merupakan perwakilan sopir angkota KWK. Ia mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19 sangat berpengaruh kepada pendapatan dan penghasilannya. Dengan mendapatkan bantuan sembako dari Sabam Sirait, tentu saja hal ini meringankan bebannya serta teman-temannya.

"Semoga Pak Sabam dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan. Doa kami selalu untuk Pak Sabam Sirait," ungkapnya.

Sementara itu, Sukma, perwakilan dari masyarakat Cawang, mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan Sabam Sirait. Sabam Sirait adalah tokoh politik yang selalu memperhatikan masyarakat sejak dulu, hingga sekarang.

"Dan dalam membantu masyarakat, Sabam Sirait mengedepankan kemanusiaan. Tak pernah sekali pun membeda-bedakan suku, agama dan ras. Pak Sabam adalah nasionalis sejati," ungkap Sukma, dengan penuh kebanggaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.