Sukses

INFOGRAFIS: Waspada Bencana Alam Akibat La Nina

Dampak La Nina dapat menimbulkan bencana alam. Mulai dari banjir, angin puting beliung, tanah longsor, banjir bandang, hingga gelombang pasang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengingatkan adanya ancaman dari fenomena La Nina. La Nina berpotensi memunculkan bencana hidrometeorologi di wilayah Indonesia.

Dampak La Nina dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor, banjir bandang, dan gelombang pasang. BMKG pun mengingatkan potensi curah hujan tinggi, bahkan dapat meningkat 20 hingga 40 persen.

Potensi curah hujan tinggi dimulai Oktober hingga November 2020 di hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali Sumatera. Adapun Desember 2020 hingga Februari 2021, potensi curah hujan tinggi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Apa saja antisipasi La Nina yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di Tanah Air? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis

3 dari 3 halaman

Infografis Cegah Klaster Pengungsian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.