Sukses

Ramai-Ramai Bantu PMI Tingkatkan Stok Darah di Masa Pandemi

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat menggelar donor darah di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (12/10/2020).

Liputan6.com, Jakarta Menipisnya persediaan darah di masa pandemi Covid-19 menjadi keprihatinan sejumlah pihak. Aksi sosial untuk membantu sesama dengan donor pun dilakukan, seperti yang dilakukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat. Mereka menggelar donor darah di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (12/10/2020).

Ketua FKDM Jakarta Barat Iswadi mengatakan, Kegiatan donor ini adalah satu rangkaian kegiatan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dalam memenuhi kebutuhan darah di Jakarta.

"Ini kegiatan lanjutan dari sebelumnya pada 25 Agustus lalu," ujarnya.

Donor darah akan berlangsung hari ini dan besok, 12-13 oktober 2020. "Puncak acara besok Selasa sekaligus pengundian doorprize untuk pendonor. Kami menyiapkan 1 motor, 7 sepeda lipat, 5 handphone dan puluhan batik betawi dari batik gobang Jakarta," ujarnya.

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini ketersediaan stok darah di PMI DKI Jakarta semakin menipis.

Saat ini penerimaan kantong darah dari donor angka rata-rata hanya sekitar 200 kantong per hari atau jauh lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi sebesar 1.000 kantong per hari.

"Permintaan kantong darah jumlahnya jauh melebihi yang diterima dari kegiatan donor darah per harinya," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi dengan Imigrasi

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mencatat sebanyak 500 pendonor mengikuti kegiatan tersebut di hari pertama. Kegiatan tersebut dibagi untuk empat kecamatan di Jakarta Barat per harinya.

Selain itu, pelaksanaan donor darah dibarengi dengan kegiatan jemput bola pembuatan paspor "Easy Passport" oleh Kantor Imigrasi Jakarta Barat.

"Dengan adanya kolaborasi ini saya yakin semakin banyak masyarakat Jakarta Barat yang ikut mendonorkan darahnya. Kami Pemkot Jakarta Barat membantu memfasilitasi masyarakat juga untuk mempermudah masyarakat. Kami fasilitasi sebaik-baiknya," ujar Uus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.